Peran manajemen pembinaan Pondok Inabah terhadap sikap anak remaja ketergantungan narkoba : Studi kasus di Pondok Inabah XV Putra Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya

Likhsandy, Isyal (2020) Peran manajemen pembinaan Pondok Inabah terhadap sikap anak remaja ketergantungan narkoba : Studi kasus di Pondok Inabah XV Putra Pondok Pesantren Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya penanggulangan narkoba yang banyak digunakan anak remaja,Pondok Inabah XV Putra Pondok Pesantren Suryalaya merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan manajemen program pembinaan anak remaja ketergantungan narkoba dengan cara pengamalan tarekat. Peranya sangat penting selama ini, bisa menyembuhkan kembali jiwa anak remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan dari program pembinaan abibah serta peran dari Pondok Inabah XV Putra terhadap sikap anak remaja ketergantungan narkoba. Pemilihan teori dalam penelitian ini adalah Teori Fungsi Manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang dikemukakan oleh G. R. Terry. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif, yang tertuju untuk menjelaskan gambaran situasi di Pondok Inabah XV Putra secara menyeluruh, luas dan mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kasus, dengan maksud untuk menggali informasi apa yang akhirnya bisa dipelajari dari sebuah kasus yang dapat diperoleh pengetahuan lebih lanjut dan mendalam secara ilmiah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pondok Inabah XV Putra mengimplementasikan fungsi perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan dalam mengelola, membina, dan mengatur segala unsur terhadap program pembinaan abibah. Peranya telah berhasil menyembuhkan ribuan anak remaja ketergantungan narkoba, baik skala lokal maupun nasional, bahkan internasional. Anak remaja yang lulus dibina, menjadikan dirinya yang mampu melaksanakan ibadah wajib dan sunnat sesuai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Peran; Pondok Pesantren
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Plants, Botany > Organization Management
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Isyal Likhsandy
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:49
Last Modified: 20 Apr 2022 04:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50073

Actions (login required)

View Item View Item