Analisis pengakuan, pengukuran dan penyajian Surplus (Defisit) Underwriting dana Tabarrru' berdasarkan PSAK 108 pada asuransi jiwa syariah Al-Amin Bandung

Nurlatifah, Leni (2023) Analisis pengakuan, pengukuran dan penyajian Surplus (Defisit) Underwriting dana Tabarrru' berdasarkan PSAK 108 pada asuransi jiwa syariah Al-Amin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandung merupakan suatu perusahaan yang berupaya memberikan perlindungan terhadap risiko dalam bentuk kontribusi dana tabarru’ yang dalam pengelolaannya diperlukan proses underwriting. Dalam upaya menyeragamkan dan membentuk fondasi yang kokoh dalam struktur industri syariah, dalam hal pelaporan keuangan perlu adanya standar akuntansi syariah. Didasarkan pada Dewan Syariah Nasional terkait Pedoman Umum Asuransi Syariah dan didasarkan pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 108 tentang Akuntansi Transaksi Asuransi Syariah. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Berdasarkan teori bahwa asuransi merupakan suatu alfternatif untuk memelihara manusia dalam upaya menghindari dan menghadapi risiko (ancaman) yang terjadi pada kehidupan. Selanjutnya berdasarkan teori proses underwriting yang tinggi menunjukan baiknya kinerja underwriting selama periode tertentu, dan sebaliknya penurunan hasil underwriting pada perusahaan menunjukan semakin lemahnya kinerja underwriting selama periode tertentu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis terkait pengakuan, pengukuran, dan penyajian surplus (defisit) underwriting dana tabarru’ di Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandung serta untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi terkait pengakuan, pengukuran dan penyajian surplus (defisit) underwriting dana tabarru’ berdasarkan PSAK 108. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evalusi dalam pengambilan keputusan dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti berusaha mendeskripsikan data tanpa perhitungan statistik yang dalam proses pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kesesuaian antara pengakuan, pengukuran, dan penyajian surplus (defisit) underwriting dana tabarru’ dengan PSAK 108. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terkait pengakuan, pengukuran dan penyajian surplus (defisit) underwriting dana tabarru’ sebagian besar sudah sesuai dengan PSAK 108. Akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 108. Hal tersebut disebabkan karena kebijakan dalam manajemen perusahaan dalam pembuatan laporan keuangan pada setiap perusahaan cabangnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Underwriting; Dana Tabarru'; Pernyataan Standar Akuntansi Syariah (PSAK) 108
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Leni Nurlatifah
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:24
Last Modified: 20 Jul 2023 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50135

Actions (login required)

View Item View Item