Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap sistem pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menanggulangi perdagangan ilegal

Yana, Andri (2022) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap sistem pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menanggulangi perdagangan ilegal. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Direktorat Djendral Bea dan Cukai ( DJBC ) merupakan suatu Lembaga yang melayani masyarakat tentang kepabean dan cukai. Ketentuan DJBC yang terdapat dalam UU No 17 Tahun 2006 tentang kapabean memiliki tujuan untuk mengatur dan mengawasi perdagangan impor atau eksport, yang dimana pada dasarnya Lembaga ini harus melindungi masyarakat dari peredaran barang illegal demi menjaga kemaslahatan rakyat, aktualisasi nilai-nilai tersebut hendaklah tercermin pada ketentuan serta proses implementasinya, dengan demikian pengawasan yang dilakukan oleh DJBC Bandung itu sendiri dalam menanggulangi perdagangan illegal menarik untuk diteliti. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketentuan DJBC Bandung, latar belakang dan pelaksanaanya, serta untuk menganalisis bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap ketentuan, latar belakang dan pelaksanaan Pengawas DJBC Bandung Dalam Menanggulangi Perdaran Barang Illegal dalam UU No 17 Tahun 2006 Tentang Kapabean. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan teori Sistem Pengawasan, teori Siyasah Dusturiyah, dan teori Kemaslahatan dalam Siyasah Dusturiyah guna menganalisa kesesuaian muatan dan mekanisme pelaksanaannya. Penelitian yang digunakan berjenis kualitatif dengan metode analisis deskriptif,serta menggunakan pendekatan yuridis normatif-empiris yaitu pendekatan hukum peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan pelaksanaannya. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa dokumen UU Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, UU No 17 Tahun 2006 tentang kapabean, Peraturan DJBC Nomor PER-21/BC/2017 Tentang tata laksana dan kepatuhan tugas kemudian di dukung dengan sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan. Teknik analis data menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pertama, peranan pengawasan DJBC Bandung terhadap perdaganan illegal dilatarbelakangi oleh masih adanya pengedar barang illegal dan masyarakat yang mengonsumsi, kedua, proses penanganan pemberantasan barang paslu dan hasil bajakan DJBC Bandung sendiri sudah memperketat aturan dalam pengawasanya menerapkan aturan sanksi hukum pidana untuk para pedagang baran illegal jika diketahi melanggar aturah tersebut, ketiga, perspektif siyasah dusturiyah terhadap DJBC belum optimal dalam pelaksanaanya, tujuan yang hendak dicapai berpijak pada asas kemaslahatan bersama yakni guna menjaga masyarakat dari barang illegal, serta pencapaian kesejahteraan (baik terhadap pedagang atau lembaga), namun dalam pelaksanaannya hanya memberikan kepastian hukum bagi pengawasan yang dilakukan oleh DJBC itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: DJBC; Pengawas; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Andri Yana
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:19
Last Modified: 07 Apr 2022 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50168

Actions (login required)

View Item View Item