Pesan dakwah kartun dalam media Instagram : Analisis isi pada akun Instagram @kartun.muslimah

Suherna, Selia Pipit (2021) Pesan dakwah kartun dalam media Instagram : Analisis isi pada akun Instagram @kartun.muslimah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 _Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial Instagram dapat dijadikan sebagai ladang menyampaikan pesan dakwah yang efektif. Akun instagram kartun muslimah merupakan salah satu akun yang menyampaikan suatu pesan keagamaan mengenai kehidupan seorang muslimah. Hal yang menarik yaitu unggahan pesan dakwah dikemas dengan gambar berlatar animasi kartun, setiap harinya pesan yang disampaikan dan disebarkan berdasarkan realita kehidupan sehingga mampu menarik perhatian masyarakat khususnya pengguna media sosial instagram. Hal tersebut menjadi peluang dakwah dalam menyampaikan ajaran agama islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sumber pesan dakwah dalam postingan akun instagram kartun muslimah, untuk mengetahui kerangka pesan dakwah dalam postingan akun instagram kartun muslimah, dan untuk mengetahui imbauan pesan dakwah dalam postingan akun instagram kartun muslimah. Sesuai dengan tujuan penelitian di atas, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori makna model Alston yang mencakup tiga teori yaitu teori acuan (referential theory), teori ideasi (the ideational theory), teori tingkah laku (behavioral theory). Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut: (1) menentukan objek penelitian yaitu akun instagram kartun muslimah; (2) menentukan metode penelitian yaitu dengan menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif; (3) menentukan jenis dan sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari admin dan postingan akun instagram kartun muslimah dan sumber sekunder yaitu sebagai sumber pendukung dari penelitian ini; (4) menentukan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara; dan (5) menganalisis data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curhatan muslimah yang dijadikan konten media sosial perpedoman pada Al-Qur'an dan Al-Hadits yang dikemas melalui icon tokoh kartun muslimah. Pengadopsian sumber pesan tersebut yaitu dari pesan akhlak dan pesan syariah. Pesan dakwah ini mempengaruhi masyarakat terutama pada respon followers terhadap tingkah laku dengan beberapa imbauan yaitu motivasional, emosional, dan rasional. Penelitian ini dapat berimplikasi bagi masyarakat luas sebagai acuan agar kehidupam lebih hati-hati selalu mencari jawaban dan solusi atas apa yang kamu belum tahu sebelumnya. Di samping itu akun kartun Muslimah ini diakui sebagai perantara ketika followers/masyarakat kebingungan mengatasi problematika kehidupan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial Instagram; dan Akun @kartun.muslimah.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Selia Pipit Suherna
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:17
Last Modified: 14 Apr 2022 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50247

Actions (login required)

View Item View Item