Pengaruh optimalisasi input data pada aplikasi Emis terhadap efektivitas pengelolaan data Madrasah: Penelitian pada operator MI se-Kota Tasikmalaya

Zakiah, Dede Uzi (2021) Pengaruh optimalisasi input data pada aplikasi Emis terhadap efektivitas pengelolaan data Madrasah: Penelitian pada operator MI se-Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan system informasi manajemen (SIM) khususnyaa dibidang pengelolaan data, Kementrian Agama menghadirkan system informai manajemen yang dirancang dan dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam yang dikenal sebagai EMIS (Education Management Information System). Perancangan dan pengembangan EMIS diharapkan nantinya dapat dijadikan sebagai penyedia data dan informasi yang berguna dalam perumusan kebijakan, penyusunan anggaran, pengembilan keputusan, perencanaan layanan penyelenggaraan pendidikan, dan pengembangan pendidikan agama. Dan tujuan EMIS untuk mempermudah dan meningkatkan Optimalisasi input data pada Aplikasi informasi yang sesuai oleh berbagai instansi/lembaga dan perorangan pada semua jenjang agar perencanaan, pelaksanaan, dan data manajemen pendidikan dapat terkelola dengan efektif. Dengan begitu tentunya ada pengaruh antaran input data pada aplikasi EMIS terhadap pengelolaan data madrasah, hal ini lah yang melatar belakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui Optimalisasi input data pada Aplikasi EMIS di MI Se-Kota Tasikmalaya. 2) Mengetahui Efektivitas Pengelolaan Data Madrasah di MI Se-Kota Tasikmalaya. 3) Mengetahui Pengaruh Optimalisasi input data pada Aplikasi EMIS Terhadap Efektivitas Pengelolaan Data Madrasah di MI Se-Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan populasi diambil dari seluruh operator MI di Kota Tasikmalaya dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 54 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis data pengujian, digunakan Analisis Linier Sederhana, Koefisien Determinasi dan Uji T test. Hasil pengujian diperoleh persamaan regresi Y=38,274+0,329 X berdasarkan persamaan tersebut diketahui nilai konstantanya sbebesar 38,274, maka secara matematis nilai konstanta menyatakan bahwa pada saat optimalisasi input data pada aplikasi EMIS memiliki nilai 0, maka efektivitas pengelolaan data madrasah memiliki nilai 38,274. Melihat hasil tersebut, dapat diartikan bahwa optimalisasi input data pada aplikasi EMIS (X)memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas pengelolaan data madrasah (Y). Dan nilai koefisien regresi variabel Optimalisasi Input Data Pada Aplikasi EMIS (X) bernilai positif yaitu 0,329. Artinya bahwa setiap peningkatan Optimalisasi Input Data Pada Aplikasi EMIS sebesar satu satuan, maka akan meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Data Madrasah sebesar 0,329 satuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Input Data; Aplikasi Emis; Efektivitas Pengelolaan Data; Madrasah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dede Uzi Zakiah
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:16
Last Modified: 12 Apr 2022 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50249

Actions (login required)

View Item View Item