Implementasi Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Studi kasus pada Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Merdekawan, Masyhur Irsyam (2020) Implementasi Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Studi kasus pada Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam pengimplementasinnya di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung digantikan dengan Konstitusi Keluarga Mahasiswa (KKM) dikampus tersebut karena peraturan tersebut diaggap tidak relevan dengan kebutuhan hukum dan tingkat partisipasi mahasiswanya juga sangat minim yang berakibat dengan ketidaksesuaian kultur organisasi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Pada PTKI dan mengetahui karakteristik masalah, karakteristik kebijakan dan lingkungan. Peneliti menggunakan teori Implementasi Mazmanian dan Sabatier dalam Nawawi (2009: 145) disandingkan dengan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Pada PTKI. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara pada beberapa pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) UIN Sunan Gunng Djati Bandung serta observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian implementasi kebijakan diketahui tidak sesuai dangan kemajemukan kebutuhan hukum mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang kemudian pada proporsinya sendikit andil mahasiswa dalam pengambilan keputusan pada ORMAWA UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian isi kebijakan yang dibuat tidak melihat kebutuhan hukum mahasiswa dan tanpa adanya duduk bersama mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk bersama-sama merumuskan pedoman yang memang akan menjadi produk hukum bagi ORMAWA UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan Organisasi; Senat Mahasiswa
Subjects: Higher Education, Universities
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Masyhur Irsyam Merdekawan
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:41
Last Modified: 18 Apr 2022 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50346

Actions (login required)

View Item View Item