Naima, Zanatun (2022) Aktivitas santri mengikuti kegiatan Mukhoyyam hubungannya dengan akhlak mereka: Penelitian di Pondok Pesantren Tahfidz Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan Menurut Nurul Afifah (2018) dalam jurnalnya bahwa terdapat fenomena yang banyak ditemukan yaitu trend fashion syari yang mana proses perbaikan diri lebih fokus pada pakaian saja, dimana produksi dan perhatian media terhadap pakaian syari terus meningkat namun hal ini belum tentu merekontruksikan kesalehan atau akhlak mereka. Mukhoyyam dijadikan wadah untuk pembinaan akhlak, peningkatan iman dan takwa peserta santri. Hal ini menarik untuk diteliti mengenai hubungan antara aktivitas santri dalam mengikuti mukhoyyam dengan akhlak mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Realitas aktivitas Mukhoyyam di Pesantren Tahfidz Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung, 2) Realitas akhlak santri di Pesantren Tahfidz Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung, 3) Hubungan aktivitas santri mengikuti kegiatan mukhoyyam dengan akhlak santri Pesantren Tahfidz Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa aktivitas sangat penting dalam proses pembelajaran agar pembelajaran tersebut terlaksana dengan efektif. Aktivitas dalam belajar bisa diartikan dengan kegiatan yang dilaksanakan selama proses belajar mengajar berlangsung. Dalam aktivitas ini ada kegiatan yang melibatkan fisik dan psikis seperti yang diselenggarakan dalam kegiatan mukhoyyam. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas santri dalam mengikuti kegiatannya mukhoyyam hubungannya dengan akhlak mereka artinya semakin baik santri mengikuti kegiatan mukhoyyam maka maka semakin baik pula akhlak mereka. Langkah-langkah yang digunakan adalah: Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 30 siswa. Teknik pengumpul datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas aktivitas santri dalam kegiatan mukhoyyam termasuk kategori baik dengan perolehan skor 3.76 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 2) Realitas akhlak mereka termasuk kategori baik dengan perolehan skor senilai 4.10 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 3) Realitas hubungan antara aktivitas santri dalam kegiatan mukhoyam dengan akhlak mereka yang berada pada kategori sedang dengan koefesien korelasi sebesar 0.48. Dengan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 12% hal ini menunjukkan bahwa masih ada faktor lain yang mempengaruhinya sebesar 88%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar ; Mukhoyyam ; Akhlak |
Subjects: | Ethics, Moral Philosophy Moral Theology Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zanatun Naima |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50351 |
Actions (login required)
View Item |