Hubungan Peer Attachment dan Self Esteem dengan Celebrity Worship pada komunitas penggemar K-Pop Bandung

Pramadita, Raden Roro Widyastami (2022) Hubungan Peer Attachment dan Self Esteem dengan Celebrity Worship pada komunitas penggemar K-Pop Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini informasi Korean wave atau Hallyu yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah musik Korean Pop. Banyak idol K-pop yang memiliki penggemar berasal dari Indonesia. Banyak konser yang diselenggarakan oleh idol K-pop sebab mengetahui bahwa banyaknya penggemar dari Indonesia. Berdasarkan fenomena ini banyak penggemar yang menyukai idol K-pop dengan berlebihan hingga merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Dalam psikologi fenomena ini disebut dengan celebrity worship. Menurut Maltby, celebrity worship adalah suatu sikap pemujaan terhadap selebriti yang disukai karena dipengaruhi kebiasaan dalam melihat, mendengar, membaca tentang selebrti yang disukai secara berlebihan sampai menimbulkan rasa empati hingga obsesi kepada artis yang di puja nya (Mandas et al., 2018). Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tau bagaimana hubungan dari faktor celebrity worship yaitu peer attachment dan self esteem dengan perilaku celebrity worship. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatf dengan design korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota whatsapp komunitas K-pop Bandung yang diambil sampel sebanyak 129 orang. Skala yang digunakan untuk mengukur penelitian ini adalah IPPA yang dikembangkan oleh Armsdern dan Greenberg (2009), Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) dan The Celebrity Attitude Scale (CAS). Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara peer attachment dan self esteem dengan celebrity worship pada komunitas penggemar K-pop dengan tingkat yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Korean pop;celebrity worship;peer attachment;self esteem
Subjects: Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Groups
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Raden Roro Widyastami Pramadita
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:00
Last Modified: 19 Apr 2022 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50420

Actions (login required)

View Item View Item