Tasnya, Tasya (2022) Pengaruh Social Comparison terhadap Subjective Well-Being dengan Self-Esteem sebagai moderator pada mahasiswa pengguna media sosial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Di era industri 4.0 bidang teknologi dan informasi berkembang sangat pesat karena hampir semua aktivitas yang dilakukan tidak lepas dari teknologi dan cara berkomunikasi dapat dilakukan melalui media sosial. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui peran self-esteem sebagai variabel moderator pada pengaruh social comparison terhadap subjective well-being pada mahasiswa pengguna media sosial. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 379 orang yang merupakan mahasiswa aktif UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu INCOM (lowa-Netherlands Comparison Orientation Scale), RSES, SWLS dan PANAS-SF dan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda dan uji Process. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social comparison berpengaruh secara signifikan terhadap subjective-wellbeing dengan nilai signifikansi (0.002 P < 0.05) self-esteem berpengaruh secara signifikan terhadap subjective-wellbeing dengan nilai signifikansi (0.000 P < 0.05) dengan nilai R2 sebesar 0.421 atau 42.1% artinya bahwa sebesar 42.1% varians variabel subjective well-being dipengaruhi oleh variabel social comparison dan self-esteem, selain itu sebesar 57.9% diperngaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Sedangkan self-esteem tidak dapat menjadi variabel moderator dalam penelitian ini dengan nilai p-value 0.1233 > 0.05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | social comparison; self-esteem; subjective well-being |
Subjects: | Use of Other Information Media Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Tasya Tasnya |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:02 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50425 |
Actions (login required)
View Item |