Retorika dakwah melalui media sosial Youtube : Analisis pesan retorika dakwah dalam Youtube channel Aang Ridwan Official pada program kulkas

Setiawan, Muhammad Rizki (2021) Retorika dakwah melalui media sosial Youtube : Analisis pesan retorika dakwah dalam Youtube channel Aang Ridwan Official pada program kulkas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Tentunya dalam proses penyampaian pesan agama, faktor keberhasilan menjadi hal penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah retorika. Pada setiap orang, da'i tentunya memiliki corak dan karakter khas yang berbeda satu sama lain dan memiliki kelebihan masing-masing. Ada banyak cara untuk mencapai tujuan pemanggilan Anda. Dan di era modern ini daya tarik terus berkembang, dimulai dari metode dan media yang digunakan untuk terus berinovasi, salah satunya adalah daya tarik media YouTube. Demikian pula seorang ustadz yang bernama lengkap Aang Ridwan yang aktif berdakwah di media sosial YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk retorika Ethos, Phatos dan Loghos serta bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam retorika Ustad Aang Ridwan dalam penyampaian pesan-pesan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana retorika secara ethos, phatos, dan juga loghos pada video ceramah ustadz Aang Ridwan.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teori retorika Aristoteles, yang mengemukakan bahwa ada tiga pendekatan untuk membenarkan retorika, yaitu etos sebagai otoritas da'i, pathos, ketika da'i dapat mengetahui keadaan emosi dan sifat mad'u dan logos untuk menyampaikan pesan atau informasi. , yang, seperti yang bisa dikatakan, masuk akal atau mudah dicerna.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam ethos, ustadz Aang Ridwan memiliki keahlian dalam penguasaan materi, keterpercayaan masyarakat umum terhadap beliau, daya tarik beliau yang selalu berpenampilan santai. Dalam phatos, ustadz Aang ridwan selalu menujukkan mimik wajah yang tenang namun tegas, dan juga gestur tubuh yang digunakan ustadz Aang Ridwan dalam ceramahnya konsisten. Dan yang terakhir dalam logos, dalam ceramahnya, ustadz Aang Ridwan sering menggunakan penalaran logis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Retorika; Aang Ridwan
Subjects: Islam > Da'wah
Analysis, Theory of Functions
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Rizki Setiawan
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:01
Last Modified: 25 Apr 2022 02:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50504

Actions (login required)

View Item View Item