Abdullah, Kamal (2022) Pengembangan aplikasi Kinetic's berbasis Blended Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik abad 21. hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa kuranganya penggunaan media pembalajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran fisika suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) kelayakan aplikasi Kinetic’s sebgai media pembelajaran, 2) peningkatan keterampilan berpikir dan 3) respon peserta didik setelah menggunakan aplikasi Kinetic’s. Metode penilitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) berdasarkan hasil dari tiga validator memperoleh nilai rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat baik sehingga dapat dinyatakan aplikasi Kinetic’s layak digunakan sebgai media pembelajaran. 2) penggunaan aplikasi Kinetic’s mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai n-gain 0,55% dengan interpretasi sedang. 3) respon peserta didik dari penggunaan aplikasi Kinetic’s memperoleh rata-rata skor keseluruhan penggunaan sebesar 85% dengan interpretasi sangat baik sehingga dapat disimpulan penggunaan aplikasi Kinetic’s sebagai media pembelejaran sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis; aplikasi Kinetic’s; suhu dan kalor; |
Subjects: | Education, Research Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Kamal Abdullah |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:33 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50533 |
Actions (login required)
View Item |