Ihsan, Mahlil Nurul (2014) Tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran Active Knowledge sharing hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terhadap sesama : Penelitian terhadap siswa MTs. As-Sawiyyah kelas VIII Jln. Babakan Biru Kec. Cileunyi Kab.Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. Cover.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak pada materi akhlak terhadap sesama. Meskipun guru telah menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing yang merupakan salah satu strategi belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi akhlak terhadap sesama, masih saja ditemukan sebagian siswa yang memiliki motivasi belajarnya rendah. Hal ini ditandai sebagian siswa tidak mengikuti proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan baik, serta kurang aktif dan sebagian siswa cenderung pasif karena tidak termotivasi belajar dalam mengikuti proses pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing, realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terhadap sesama dan realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji terhadap sesama. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan motivasi belajar akidah akhlak, jika tanggapanya positif, maka motivasi belajar mereka akan tinggi (baik). Demikian pula sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharingnya negatif, maka motivasi belajar mereka akan rendah (buruk) pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasioner. Karena variabel X dan Y berdistribusi tidak normal, maka peneliti menggunakan teknik rank spearman. Dari hasil penelitian data diperoleh bahwa realitas tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran active knowledge sharing yaitu 4,14 berkategori tinggi. Demikian juga, realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terhadap sesama yaitu 4,16 berkategori tinggi. Adapun realitas hubungan kedua variabel tersebut adalah rendah, dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,35. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 7%, maka diduga masih ada sekitar 93% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terhadap sesama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran; active knowledge sharing; motivasi belajar; mata pelajaran Akidah Akhlak; materi akhlak terhadap sesama; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mahlil nurul ihsan |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 04:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 04:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50567 |
Actions (login required)
View Item |