Pesan Dakwah tentang Muslimah di Media Sosial Line (Analisis isi pesan Dakwah @dakwahmuslimah)

Siti Zakiyah Tifhany, Siti (2016) Pesan Dakwah tentang Muslimah di Media Sosial Line (Analisis isi pesan Dakwah @dakwahmuslimah). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Pesan dakwah dapat lebih kuat dipahami dengan menggunakan media yang tepat. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kegiatan dakwah dapat disampaikan melalui berbagai media, salah satunya media online. Media online banyak digunakan sebagai media dakwah, karena dapat mempermudah followers atau mad’u menerima informasi tentang pesan keislaman dengan mudah. Salah satu bentuk media online adalah media sosial Line. Akun dakwahmuslimah merupakan akun Line yang berisi pesan dakwah, akun ini menyampaikan pesan dakwah tentang muslimah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pesan dakwah dari Samsul Munir Amin, teori format pesan dakwah visual yang dibuat oleh Rulli Nasrullah. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui pesan dakwah tentang muslimah dalam akun Line @dakwahmuslimah; dan (2) untuk mengetahui bentuk format pesan dakwah visual tentang muslimah. Gabungan dari dua pesan tersebut menghasilkan bentuk Poster aqidah, poster syari’ah dan poster akhlak. meme syari’ah, komik aqidah, komik akhlak dan sticker akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Setelah menganalisis penelitian, dapat diketahui bahwa pesan-pesan dakwah tentang muslimah yang diunggah oleh akun @dakwahmuslimah selama bulan November 2015 sebanyak 53 pesan, yang dibagi berdasarkan kategori pesan dakwah yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak, format pesan dakwah yaitu poster, meme, komik dan sticker. Poster aqidah, poster syari’ah dan poster akhlak. meme syari’ah, komik aqidah, komik akhlak dan sticker akhlak. Kata kunci: Media Sosial, Line, Pesan Dakwah, Muslimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, muslimah, Media Sosial, Line, Analisis isi @dakwahmuslimah
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 18 Dec 2017 05:13
Last Modified: 18 Dec 2017 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item