Pelaksanaan pembiayaan renovasi rumah dengan akad murabahah pada produk Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) di Bank Jabar Banten Syari'ah kantor cabang pembantu Cimahi

Prabowo, Bambang Tri (2022) Pelaksanaan pembiayaan renovasi rumah dengan akad murabahah pada produk Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP) di Bank Jabar Banten Syari'ah kantor cabang pembantu Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Bank Jabar Banten Syari’ah Kantor Cabang Pembantu Cimahi memiliki banyak produk, salah satunya Pembiayaan Renovasi Rumah Dengan Akad Murabahah Pada Produk Pembiayaan Kesejahteraan Pegawai (PKP). Produk ini menggunakan akad murabahah yang digunakan untuk pembelian barang material. Sedangkan dalam Fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah menjelaskan bahwa akad Murabahah merupakan akad untuk jual beli barang dimana harga dan keuntungannya diketahui dan disepakati oleh kedua belah pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan renovasi rumah dan (2) tinjauan fiqih muamalah mengenai pelaksanaan akad murabahah pada pembiayaan renovasi rumah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Cimahi. Bertolak dari pemikirannya bahwa akad murabahah pada pembiayaan renovasi rumah ini, bank tidak memberikan barang kepada nasabah, akan tetapi bank memberikan uang dengan menggunakan akad wakalah sehingga nasabah dapat membeli barang yang sesuai dengan kebutuhannya. Kerangkangka Pemikiran yang digunakan dengan Al-Quran, Al-Sunah, kaidah fiqih, Fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang diambil dari hasil penelitian dan data sekunder diambil dari buku-buku, internet dan dokumen-dokumen. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) dalam pelaksanaan akad yang dilakukan pada pembiayaan renovasi rumah di Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Cimahi adalah dengan akad murabahah dimana bank memberikan uang kepada nasabah bukan barang, dengan alasan bank mewakilkan kepada nasabah untuk membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, sedangkan yang seharusnya adalah bank yang memberikan barang kepada nasabah bukan uang dan disertakan dengan bukti pembelian. (2) dalam objek akad disyaratkan tidak boleh akad atas barang yang tidak ada, jelas barangnya harus ada, barangnya hak milik penuh yang berakad, dapat dimanfaatkan dan dapat diserah terimakan, namun dalam pelaksanaanya akad murabahah dilakukan tanpa adanya barang, maka hal ini belum memenuhi syarat dan rukun murabahah. Jika bank hendak mewakilkan kepada nasabah, akad jual beli murabahah harus dilakukan setelah barang dibeli, jadi secara perinsip barang tersebut menjadi milik bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Produk PKP; Akad Wakalah
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Bambang Tri Prabowo
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:17
Last Modified: 26 Apr 2022 04:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50612

Actions (login required)

View Item View Item