Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan dalam membentuk karakter islami siswa : Penelitian di SMP Bina Taruna Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Sumarna, Asep (2021) Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan dalam membentuk karakter islami siswa : Penelitian di SMP Bina Taruna Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan merupakan anugrah yang diberikan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah dimuka bumi. Salah satu permasalahan yang harus diperhatikan dalam kehidupan kita adalah kerusakan lingkungan hidup. Kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan membuat lingkungan menjadi rusak. Penanaman Karakter Islami peduli terhadap pelestarian lingkungan merupakan salah satu upaya menyelamatkan alam. Generasi penerus perlu diberikan pemahaman yang tepat tentang pemanfaatan dan penjagaan kekayaan ekosistem, sehingga keseimbangan alam akan terjaga untuk kelangsungan kehidupan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Tujuan PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami Siswa di SMP Bina Taruna, 2) Program PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami, 3) Implementasi PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami Siswa, 4) Evaluasi PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami Siswa, 5) Faktor pendukung dan penghambat impelentasi PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami Siswa, 6) Implikasi PAI berbasis lingkungan dalam membentuk karakter Islami Siswa. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis yaitu mencatat secara teliti segala gejala (fenomena) yang dilihat dan didengar serta dibacanya (via wawancara atau bukan, catatan lapangan, foto, video, tape, dokumentasi pribadi atau memo, dokumen resmi atau bukan, dan lain-lain.). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMP Bina Taruna. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian di lapangan diperoleh data bahwa : 1) Tujuan PAI berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas peserta didik secara akademik maupun non akademik yang dibekali karakter islami dalam pelestarian lingkungan, 2) Program yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan : penyusunan program tahunan, pembinaan organisasi sekolah, koordinasi dalam pelaksanaan program, sistem komunikasi dan pembentukan kurikulum serta perencanaan pembelajaran PAI berbasis lingkungan, 3) Implementasinya dilakukan melalui berbagai metode, media dan sarana serta program PAI berbasis lingkungan disampaikan kepada orangtua siswa dan disosialisasikan melalui berbagai media. 4) Evaluasi Pembelajaran dilakukan ulangan harian, ujian lisan, ujian tertulis, ujian praktik, dan penilaian proyek, 5) Faktor pendukungnya adalah guru, siswa, keluarga, sarana dan prasarana. Faktor Penghambatnya adalah penyalahgunaan teknologi, pembiasaan dilingkungan keluarga, dan pergaulan. 6) Implikasinya adalah harus lebih dioptimalkan lagi dari berbagai aspek, baik perencanaan, proses dan evaluasi atau cara, strategi dan integrasi dalam implementasinya. Berdasarkan penelitian di atas direkomendasikan penerapan Program Adiwiyata dan pada pelaksanaannya Program Adiwiyata dikolaborasikan dengan Kurikulum PAI Berbasis Lingkungan di SMP Bina Taruna Kecamatan Bojongsoang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Lingkungan; Karakter Islami
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Sumarna
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:39
Last Modified: 26 Apr 2022 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50614

Actions (login required)

View Item View Item