Tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua hubungannya dengan hasil belajar PAI di masa pandemi covid 19: Penelitian Kelas 8 SMP Karya Budi Cileunyi

Sayyidi, Ahmad (2022) Tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua hubungannya dengan hasil belajar PAI di masa pandemi covid 19: Penelitian Kelas 8 SMP Karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMP Karya Budi yakni sebagian orang tua tidak menanamkan nilai-nilai agama pada anaknya yang pada akhirnya mempengaruhi nilai mata pelajaran PAI di sekolah. Maka dari itu saya mengambil judul ini ingin membuktikan apakah faktor tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua berpengaruh dengan hasil pembelajaran PAI siswa di sekolah atau ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua di masa pandemi covid 19. (2) Hasil pembelajaran PAI di masa pandemi covid 19 (3) hubungan tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dengan hasil belajar PAI di masa pandemi covid 19. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa orang tua hendaknya memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat untuk meningkatkan prestasi belajar anak baik di rumah maupun di sekolah yang diteladani oleh tingkah laku dan kebiasaan orang tuanya. Oleh sebab itu baik buruknya pengarahan yang diberikan orang tua kepada anaknya akan memberikan pengaruh dalam perkembangan keagamaan dan pendidikan, serta kehidupan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendeketan Kuantitatif dan metode yang digunakan ialah korelasional. sedangkan metode pengumpulan informasi memanfaatkan observasi, wawancara, studi kepustakaan, penyebaran kuesioner dan TES. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu analisis parsial, uji normslitas, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Dari hasil yang telah di dapatkan dari ppenelitian: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua di masa pandemi covid 19. termasuk klasifikasi tinggi, Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata mencapai 4,04 yang berada pada interval (3,5 – 4,5) (2) Hasil belajar PAI di masa pandemi covid 19 termasuk klalsifikasi baik sekali, Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata soal tes mencapai 80,8 yang berada pada interval (80-100) (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua (Variabel X) dengan hasil belajar PAI di masa pandemi covid 19 (Variabel Y) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,367. Dan hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukan nilai thitung > ttabel yaitu 3,440 > 1,665 hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara Tanggapan siswa terhadap bimbingan orang tua dengan hasil pembelajaran pai di masa pandemi covid 19. Derajat pengaruh variabel x dengan variabel y sangat rendah,yaitu 13,5% sedangkan 86,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siswa; Bimbingan; Orang Tua; Hasil belajar; PAI; Covid 19
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Sayyidi
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:04
Last Modified: 28 Apr 2022 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50616

Actions (login required)

View Item View Item