Analisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indosat Tbk. periode 2010-2020

Pratama, Novaldy Kesuma (2022) Analisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indosat Tbk. periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Cover Novaldy revisi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
09. Abstrak Novaldy.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
10. DAFTAR ISI_Skripsi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA novaldy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan memiliki cara untuk membiayai kegiatan operasional dengan mengeluarkan modal yang berasal dari hutang. Tujuannya yaitu untuk memaksimalkan pendapatan. Dengan memaksimalkan pendapatan, dapat membantu perusahaan dalam mencapai target. Salah satu indikatornya yaitu pengaruh Current Ratio dan Debt to Asset Ratio yang mana ikut serta dalam memberikan pengaruh terhadap Return On Asset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Return On Asset, mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio secara parsial terhadap Return On Asset, dan pengaruh Current Ratio dan Debt to Asset Ratio secara simultan terhadap Return On Asset pada PT. Indosat Tbk. Sesuai dengan teori bahwa jika nilai variabel Current Ratio dan Debt to Asset Ratio mengalami kenaikan, maka pengaruh terhadap Return On Asset akan mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendalaman kuantitatif yang menjadi salah satu pilihan peneliti dalam menentukan metode penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian berbentuk laporan keuangan PT. Indosat Tbk Periode 2010-2020 berasal dari website resmi. Analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji f merupakan teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 27,2%. 2) Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 2,7%. 3) Hasil uji F menunjukkan Current Ratio dan Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Return On Asset dan nilai koefisien determinasi sebesar 34,48% di PT. Indosat Tbk Periode 2010-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Asset Ratio; Return On Asset
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Novaldy Kesuma Pratama
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:16
Last Modified: 26 Apr 2022 04:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50641

Actions (login required)

View Item View Item