Strategi pemberdayaan masyarakat dalam memulihkan perekonomian di masa pandemi covid-19 : Studi di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka

Hardiyanti, Hardiyanti (2022) Strategi pemberdayaan masyarakat dalam memulihkan perekonomian di masa pandemi covid-19 : Studi di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pandemi Covid-19 yang dimana berdampak pada perekonomian masyarakat. Di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka, sebagian masyarakat yang terkena dampak ekonomi memilih alternatif dan membangun kembali perekonomian dengan melaksanakan program pemberdayaan. Program pemberdayaan ini memiliki tujuan untuk dapat ikut serta melancarkan baik dalam akses perekonomian, kesejahteraan, pendidikan, ataupun yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dalam memulihkan perekonomian di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka; Mengetahui kendala-kendala masyarakat dalam memulihkan perekonomian di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka; Mengetahui upaya-upaya masyarakat dalam memulihkan perekonomian di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional dari Talcott Parsons, yang memfokuskan keseimbangan serta keteraturan pada sebuah struktur dan fungsional dalam masyarakat agar dapat terus bertahan. Berkaitan dengan teori tersebut program pemberdayaan sebagai sistem dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat di masa pandemi dengan konsep AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini ada dua, sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data yang Peneliti gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan sebelum pandemi Covid-19 stabil baik. Kemudian pada masa pandemi Covid-19, pelaksanaan program pemberdayaan mengalami penurunan namun masih stabil dengan berinovasi dan memanfaatkan teknologi informasi. Sejauh ini pelaksanaan program pemberdayaan mampu bertahan dalam keadaan pandemi Covid-19, salah satunya dengan membuka lapangan pekerjaan dan turut mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; kesejahteraan ekonomi; masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Econmics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hardiyanti Hardiyanti
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:14
Last Modified: 28 Apr 2022 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50664

Actions (login required)

View Item View Item