Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dan media Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian di MA Al-Ahliyah Kotabaru Karawang

Yudabangsa, Adrian (2021) Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dan media Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian di MA Al-Ahliyah Kotabaru Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

MA Al-Ahliyah Kotabaru Kabupaten Karawang adalah salah satu madrasah swasta yang berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan yang baik terhadap peserta didik. Dari hasil wawancara dengan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan guru mata pelajaran SKI diketahui bahwa dalam proses pembelajaran di kelas penggunaan model pembelajaran oleh pendidik sudah cukup bervariatif, selain itu beragam teknologi modern sudah digunakan sebagai media pembelajaran. Namun pada kenyataannya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cenderung tidak ada peningkatan. Hasil belajar tersebut terlihat dari rata-rata nilai Ujian Akhir Madrasah di kelas XII. Dari masalah itu penulis mengajukan solusi untuk menggunakan model discovery learning dan media google classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1. Desain model discovery learning dan media google classroom. 2. Implementasi model discovery learning dan media google classroom pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ahliyah. 3. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan model discovery learning dan media google classroom di MA Al-Ahliyah. 4. Tanggapan peserta didik terhadap pengimplementasian model discovery learning dan media google classroom pada mata pelajaran SKI di MA Al-Ahliyah. Asumsi dasar pada penelitian ini adalah teori belajar yang menyebutkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model dan media pembelajaran yang terdapat dalam faktor instrumental. Hal ini sejalan dengan fungsi utama model dan media pembelajaran yaitu untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metodenya adalah eksperimen dengan desain quasy eksperimen. Jenis penelitiannya adalah non-equivalent control group design yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penelitian ini adalah: 1. Desain Model discovery learning dan media google classroom adalah penerapan langkah-langkah model discovery learning ke dalam media google classroom. 2. Implementasi model discovery learning dan media google classroom pada kelas eksperimen berlangsung selama tiga kali pertemuan, langkah-langkahnya sesuai dengan desain yang telah disusun. 3. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,49 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,04 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukan perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model discovery learning dan media google classroom dibanding dengan model direct instruction pada mata pelajaran SKI. 4. Tanggapan peserta didik terhadap pengimplementasian model discovery learning dan media google classroom berkategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 88.19. Berdasarkan hasil penelitian di atas direkomendasikan untuk pendidik menggunakan model dan media pembelajaran yang lebih bervariatif, salah satu model dan media yang pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model discovery learning dan media google classroom.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; discovery learning; google classroom; hasil belajar; sejarah kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adrian Yudabangsa
Date Deposited: 28 Apr 2022 05:00
Last Modified: 28 Apr 2022 05:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50711

Actions (login required)

View Item View Item