Pengaruh nilai tukar terhadap return saham melalui profitabilitas sebagai variabel mediasi : Studi pada perusahaan agriculture yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019

Sopiah, Yanti (2022) Pengaruh nilai tukar terhadap return saham melalui profitabilitas sebagai variabel mediasi : Studi pada perusahaan agriculture yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 membawa pengaruh besar bagi masyarakat, salah satunya adalah geliat masyarakat mengenai minatnya terhadap investasi. Dengan berinvestasi, masyarakat berharap dapat memiliki dana cadangan pada saat terdesak seperti saat pandemi covid-19 sekarang. Salah satu investasi yang menarik minat masyarakat adalah investasi pada kepemilikan saham. Dengan berinvestasi pada kepemilikan saham, harpannya investor dapat mendapatkan keuntungan berupa return saham. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi besarnya return saham baik itu faktor eksternal perusahaan seperti ekonomi makro dan faktor internal perusahaan seperti kinerja keuangan perusahaan. Dalam penenlitian ini, faktor yang diambil sebagai variabel penelitian adalah nilai tukar dan profitabilitas perusahaan. Permasalahan dari penelitian ini adalah fluktuasi nilai rupiah yang tidakstabil dapat berdampak pada keuntungan perusahan yang bergelut pada kegiatan ekspor dan impor, karena adanya peruabahn pada biaya produksi dan pendapatan yang dikonvensikan pada mata uang domestik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari nilai tukar rupiah terhadap return saham yang diterima perusahaan mellaui profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi penelitian sebanyak 25 perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive ssampling, maka sampel yang memnuhi kriteria adalah sebanyak 6 perusahaan. Data dianalisis menggunakan pengujian deskriptif, uji regresi dan uji mediasi untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis dengan uji signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa : (1) Nilai tukar tidak memiliki pengaruh terhadap return saham dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,312 yang lebih besar dari nilai alfa. (2) Nilai tukar berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA), dibuktikan dengan nilai signifikansi yang ;lebih tinggi dari 0,05 yaitu sebesar 0,042. (3) Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap return saham ditnjukan dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 yaitu 0,663. (4) Nilai tukar tidak berpengaruh terhadap return saham melalui profitabilitas sebagai variabel mediasi. Profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh nilai tukar terhadap return saham karena tidak memenuhi persyaratan uji mediasi yang dikembangkan oleh Baron-Kenny.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai tukar; Profitabilitas; Return saham; Mediasi; Agriculture
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Business > Statistic of Business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Yanti Sopiah
Date Deposited: 10 May 2022 05:54
Last Modified: 10 May 2022 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50734

Actions (login required)

View Item View Item