Aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu hubungannya dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak : Penelitian di Raudhatul Athfal Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar Babakan Sirna Leuwisadeng Bogor

Rahayu, Ranti (2022) Aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu hubungannya dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak : Penelitian di Raudhatul Athfal Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar Babakan Sirna Leuwisadeng Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis, diketahui bahwa di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar dilaksanakan proses belajar mengajar pengenalan bahasa Arab yang dilakukan setiap hari Jumat. Kegiatannya ialah pengenalan kosakata bahasa Arab mengenai anggota tubuh yang dilaksankan dengan aktivitas gerak dan lagu. Proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa siswa yang belum baik dalam kemampuan mengingat kosakata yang telah dipelajari sebelumnya yakni sekitar 12 orang. Hal ini menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu dan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) belajar menggunakan metode gerak dan lagu di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar, (2) kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar, dan (3) aktivitas belajar dengan menggunakan gerak dan lagu hubungannya dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar. Kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab dipengaruhi oleh cara belajar yang menyenangkan. Salah satunya ialah aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu yang dapat mengembangkan aspek bahasa dan kognitif yakni dapat menstimulasi anak untuk dapat mengingat kosakata bahasa Arab. Maka, rumusan hipotesisnya ialah semakin tinggi aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu, maka semakin tinggi pula kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif yang terdapat pada jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Setelah itu, analisis data dibagi kedalam dua pendekatan, ialah analisis deskriptif serta analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu termasuk pada interpretasi sangat baik, dengan skor rata-rata 82,6, (2) kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak termasuk pada interpretasi baik, berdasarkan skor penghitungan dengan nilai rata-rata rata-rata 71,8, dan (3) Hubungan Antara aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab memperoleh angka koefisien korelasinya -0,48 termasuk sangat rendah. Hasil uji hipotesis menunjukan t_hitung (2,816) > t_tabel (2,060). Artinya, hipotesis (Ha) diterima yang artinya terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 23,04% terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak. Angka ini menunjukkan masih terdapat pengaruh yang berasal faktor lain sebesar 76,96% yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Gerak dan Lagu; Kemampuan Mengingat Kosakata; Bahasa Arab; Anak
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ranti Rahayu
Date Deposited: 09 May 2022 03:57
Last Modified: 09 May 2022 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50765

Actions (login required)

View Item View Item