Kusman, Andri (2022) Desain didaktis pada materi usaha dan energi berdasarkan profil hambatan belajar pemahaman konsep berbasis analisis tes kemampuan hasil belajar peserta didik: Penelitian di Kelas XI MIA MA Sirna Miskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-Cover.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-Abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-Daftar isi.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4-Bab I.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik pada saat proses pembelajaran mungkin mengalami hambatan belajar, untuk mengurangi hambatan belajar tersebut, maka pendidik harus membuat suatu desain didaktis yang dapat mengantisipasi munculnya hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hambatan belajar pemahaman konsep peserta didik dan implementasi desain didaktis pada konsep usaha dan energi berdasarkan profil hambatan yang dialami peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kualtitatif, dimana peneliti mengidentifikasi dan mendeskripsikan setiap hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami peserta didik. Penggunaan metode pada penelitian ini mengunakan Didactical Design Research (DDR). Penelitian dilaksanakan di kelas XI MA Sirna Miskin dengan sampel 21 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran desain didaktis yang diterapkan sangat baik dengan persentase rata-rata guru sebesar 91,5% dan peserta didik 81%. Berdasarkan hasil uji Tes Kemampuan Responden (TKR) diperoleh penurunan hambatan belajar, pada konsep usaha TKR awal menunjukkan hambatan belajar 82,1% menjadi 45,2% pada pertemuan pertama dan 20,2% pada pertemuan kedua, pada konsep Energi Kinetik TKR awal menunjukkan hambatan belajar 74,6% menjadi 44,4% pada pertemuan pertama dan 20,6% pada pertemuan kedua, pada konsep energi potensial TKR awal menunjukkan hambatan belajar 79,3% menjadi 50,7% pada pertemuan pertama dan 24,5% pada pertemuan kedua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Didactical Design Research (DDR); Hambatan Belajar (learning obstacle); Usaha dan Energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Andri Kusman |
Date Deposited: | 09 May 2022 06:47 |
Last Modified: | 09 May 2022 06:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50784 |
Actions (login required)
View Item |