Interaksi sosial dalam media sosial di kalangan Milenial: Penelitian pada pengguna platform Instagram kalangan mahasiswa FISIP UIN Bandung jurusan Sosiologi angkatan 2017 kelas A

Sari, Rosita (2022) Interaksi sosial dalam media sosial di kalangan Milenial: Penelitian pada pengguna platform Instagram kalangan mahasiswa FISIP UIN Bandung jurusan Sosiologi angkatan 2017 kelas A. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa disadari menuntut penggunanyaauntuk memahami apa yang terjadi di sekitar mereka dan memahami konten yang harus diikuti pengguna. Meski masih banyak yang menganggap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai suatu hal yang negatif, ada juga sebagian orang yang menganggap tuntutan ini sebagai hal yang positif. Faktanya, di era saat ini social media benar-benar sudah memerankan semacam sebuah tempat untuk satu pemakai untuk berinteraksi dengan sesama pemakai lainnya. Social media digunakan menjadi forum interaksi sosial, tentunya karena didukung dengan berbagai fungsi yang tersuguhkan pada media sosial itu sendiri sehingga memudahkan para pengguna yang ingin membagikan semua kegiatan menciptakan interaksi sosial sesama pengguna pada media sosial tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana keunikan interaksi di media sosial instagram yang bisa membedakan dengan media sosial lainnya pada kalangan milenial. Untuk mengetahui apakah terdapat kendala serta dampak sosial dalam berinteraksi di media sosial instagram pada kalangan milenial. Penting adanya peningkatan social interaction di sekitar walaupun dengan tenggat, paling kurang bisa mengganti kembali peoses interkasi sosial yang seharusnya berlanjut dengan process interaction yang diawali oleh bekerja sama (coorporation), dengan bekerjasama ialah bentuk dari interaksi sosial yang utama, dan dikerjakan oleh lebih dari dua orang. Di waktu saat ini tidak bisa terlaksana dengan lancar apabila pada masyarakat itu sendiri tak terjadi social interaction yang sesuai dengan prasyarat interaksi sosial, karena melalui terjadinya interaksi lewat komunikasi yang baik untuk dapat berpengatuh kepada individu dan mendapatkan respons kepada individu lain. Melalui penelitian individu bisa memakai hasilnya untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dan penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial George Simmel. Menurut Georg Simmel, saling berinteraksi yaitu hal yang ini didalam sebuah masyarakat, masyarakat itu ada ketika seseorang dengan seseorang lainnya saling berinteraksi. Georg Simmel juga berpendapat bahwa setiap individu menjadi bagian dari masyarakat dengan mengalami proses individualisi dan sosialisasi yaitu seseorang tidak bisa menjadi warga masyarakat apabila tidak mengalami process interaksi yang baik. Metode penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena fokusnya kepada pendeskripsian suatu objek, maka akan dijelaskan dalam tulisan yang bersifat naratif yaitu fenomena atau kontrol sosial. Penelitian yaitu suatu cara ilmiah agar mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian bahwa interaksi sosial pada media sosial instagram di kalangan milenial jurusan sosiologi angkatan 2017 kelas A bahwa mereka memang aktif menggunakan instagram sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berinteraksi serta memakai instagram sebagai alat menunjukan eksistensi diri. Dapat disimpulkan juga bahwa media sosial instagram adalah suatu media sosial yang berbasis foto atau video yang kemudian setiap penggunanya yakni mahasiswa FISIP dapat memposting foto dan video atau momen yang menurut mereka layak dan menarik untuk mereka sebarluaskan di media instagram ini. Disisi lain media sosial instagram ini mereka gunakan untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman, membuka wawasan dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur Instagram yang menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ineraksi sosial;milenial;mediasosial;instagram
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rosita Sari
Date Deposited: 10 May 2022 00:49
Last Modified: 10 May 2022 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50799

Actions (login required)

View Item View Item