Jurnalisme Bencana dalam Musibah Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182: Analisis Framing di Rubrik Fokus Berita Nasional Suara.com Edisi 10-15 Januari 2021

Tanjung, Arizen (2022) Jurnalisme Bencana dalam Musibah Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182: Analisis Framing di Rubrik Fokus Berita Nasional Suara.com Edisi 10-15 Januari 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalisme bencana dimaksudkan ialah bagaimana cara media dalam memberitakan musibah atau bencana. Kandungan nilai berita merupakan hal yang tidak akan pernah habis dibahas disituasi apapun. Setiap hari jumlah bencana tetap diangka yang tinggi. Pada saat bencana terjadi masyarakat dengan segala keterbatasan informasi akan melirik media online dalam kecepatan penyampaian informasi. Fakta dan data bencana menjadi hal paling ditunggu dalam pemberitaan bencana. Suara.com merupakan platform media berbasis digital yang besar dengan jaringan sangat luas. Sehingga pemberitaan apapun akan tersebar dan ditemui oleh banyak pembaca. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Bagaimana Jurnalisme,Condensing symbols dalam elemen framing device, elemen reasoning device serta menilai Citra dari consequence pemberitaan Suara.com pada pemberitaa musibah pesawat jatuh Sriwijaya Air SJ 182. Penelitian ini menggunakan analisis framing William A. Gamson dan Andre Modigliani dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini untuk mengetahui secara mendalam mengenai Jurnalisme bencana di pemberitaan Suara.com. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan library reseacrh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya bingkai yang sengaja dibentruk oleh Suara.com untuk memunculkan kesedihan sebagai topik utama pemberitaan. Wartawan Suara.com sangat banyak menulis berita terkait jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 dengan total 900 berita. Serta adanya unsur framing device dan reasoning device yang kemudian membentuk consequence statis berupa bertahannya citra media yang baik, ditengah hialngnya empati juga fungsi edukatif informatif terutama dalam mitigasi bencana dan pasca bencana yang tidak berjalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Bencana; Analisis Framing; Sriwijaya Air
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Arizen Tanjung
Date Deposited: 11 May 2022 02:02
Last Modified: 11 May 2022 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50889

Actions (login required)

View Item View Item