Pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan: Penelitian pre-eksperimental di RA Sekolah Alam Gaharu Kelompok B

Mawaddah, Arini Ulfah (2021) Pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan: Penelitian pre-eksperimental di RA Sekolah Alam Gaharu Kelompok B. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan di kelompok B RA Sekolah Alam Gaharu Kabupaten Bandung. Kegiatan bermain lempar tangkap bola yang dilakukan di RA Sekolah Alam Gaharu adalah kegiatan untuk melatih motorik kasar, kefokusan dan ketepatan pada anak yang dilalukan oleh peserta didik. Dalam bermain lempar tangkap bola peserta didik menggunakan bola kasti atau bola plastik yang ringan. Adapun dampak positif dari bermain lempar tangkap bola ini adalah 1) Melatih kesadaran gerakan anak terhadap stimulasi yang di berikan 2) Melatih koordinasi sisi kanan dan sisi kiri tubuh, terutama anggota tangan. Kemampuan ini secara tidak langsung akan terstimulasi bila anak sedang menangkap/melempar bola menggunakan kedua tangannya 3) Melatih kemampuan visual motorik. Kemampuan ini akan terasa bila saat melempar, hasil melempar sesuai dengan arah yang dituju 4) melatih perhatian dan konsentrasi. Secara tidak langsung bermain lempar tangkap bola akan melatih fungsi perhatian dan konsentrasi anak 5) melatih interaksi sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal bermain lempar tangkap bola, proses bermain dan besarnya pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu Kabupaten Bandung. Dasar pemikiran pada penelitian ini adalah melatih dan mengembangkan otot- otot dan bagian tubuh lainnya yang selanjutnya akan memberi efek sehat dan bugar pada diri anak. Karena salah satu aspek perkembangan yang signifikan dalam kehidupan anak usia dini adalah perkembangan fisik. Permainan melempar bola merupakan salah satu permainan yang dapat mengembangkan fisik terutama aspek motorik kasar anak. Kemudian hipotesis pada penelitian ini adalah Hipotesis Nol (H0):“Tidak ada hubungan bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak.”Hipotesis Alternatif (Ha):Adanya hubungan bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak.” Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA Sekolah Alam Gaharu sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya keterampilan bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 47 dengan kategori kurang dan posttest sebesar 75 dengan kategori “Baik”. Selain itu hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai Thitung = 11.78 > Ttabel = 1.76 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bermain; Koordinasi Mata dan Tangan; Lempar tangkap
Subjects: Indoor Game and Amusements > Games not Characterized by Action
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Arini Ulfah Mawaddah
Date Deposited: 11 May 2022 02:30
Last Modified: 11 May 2022 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50899

Actions (login required)

View Item View Item