Siti Ardlialhaq, Fatima (2021) Kemampuan pra membaca anak dengan metode Fonik: kuasi eksperimen di kelas B RA Ash-Shiddiq kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
Abstract
Kemampuan pra membaca anak adalah salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang ditemukan pada saat studi pendahuluan di RA Ash-Shiddiq. Terdapat beberapa masalah terkait kemampuan pra membaca anak yaitu sebanyak 38% terdapat siswa yang belum mengenal huruf bahkan tidak mengenal huruf untuk mengeja namanya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas kemampuan pra membaca anak yang belajar dengan menggunakan metode fonik; 2) realitas kemampuan pra membaca anak yang belajar menggunakan metode bercerita gambar seri; 3) perbedaan kemampuan pra membaca anak antara yang menggunakan metode fonik dengan metode cerita gambar seri. Metode Fonik merupakan metode membaca dengan bunyi huruf. Metode dengan sebuah model pembelajaran bahasa yang ditujukan untuk anak usia dini dan dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruh ketrampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Metode ini dikembangkan oleh Sumarti M Thohir. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Ash-Shiddiq sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi. Realitas kemampuan pra membaca anak yang belajar dengan metode fonik adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pre test sebesar 59,57 dengan interpretasi bahwa nilai tersebut berada pada kategori kurang, sedangkan nilai rata-rata hasil post test sebesar 85,10 dengan interpretasi bahwa nilai tersebut berada pada kategori sangat baik. Realitas kemampuan pra membaca anak yang belajar dengan metode cerita gambar seri adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pre test sebesar 51,21 dengan interpretasi kurang, sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 66,93 dengan interpretasi cukup. Hasil analisis data untuk mencari perbedaan kedua kelompok menggunakan statistik parametrik dengan Uji t diperoleh hasil t-hitung sebesar 23,29. nilai t-tabel pada taraf signifikasi 5% adalah sebesar 2,060, dan dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pra membaca anak yang belajar menggunakan metode fonik dengan menggunakan metode cerita gambar seri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca; Fonik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Fatima Siti Ardlialhaq |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:24 |
Last Modified: | 12 May 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50973 |
Actions (login required)
View Item |