Konstruksi berita politik pada media daring : Komparasi analisis Framing model Zhongdang Pan dan M. Kosicki tentang berita isu kudeta AHY di Partai Demokrat pada Kompas.com, Jpnn.com dan Sindonews.com

Wahilda, Kintan Nurul (2021) Konstruksi berita politik pada media daring : Komparasi analisis Framing model Zhongdang Pan dan M. Kosicki tentang berita isu kudeta AHY di Partai Demokrat pada Kompas.com, Jpnn.com dan Sindonews.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Konstruksi Berita Politik Pada Media Daring Komparasi Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan M. Kosicki tentang Berita Isu Kudeta AHY di Partai Demokrat pada Kompas.com, Jpnn.com dan Sindonews.com. Pemberitaan isu kudeta AHY di Partai Demokrat diberitakan media kompas.com, jpnn.com dan sindonews.com dengan berbagai sudut pandang yang berbeda dalam memberitakan isu yang sama. Perbedaan ada karena adanya suatu konstruksi yang menghasilkan pembingkaian sehingga dapat menimbulkan tafsiran yang tidak serupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap framing yang digunakan oleh media dalam mengkonstruksi berita dengan isu yang sama dengan meninjau cara media dalam menyusun, mengisahkan, menuliskan hingga menekankan fakta. Teori konstruksi realitas sosial dijadikan acuan dalam penelitian ini, dimana teori ini mengatakan bahwa realitas itu diciptakan dan dibentuk sehingga realitas media bukanlah cerminan realitas yang sesungguhnya. Dalam rangka mengungkap framing penelitian ini menggunakan metode framing model Zhongdang Pan dan M. Kosicki yang mengamati struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris pada teks pemberitaan isu kudeta AHY yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan framing yang digunakan oleh ketiga media tersebut karena perbedaan ideologi. Kompas.com cenderung pro dengan adanya isu kudeta AHY dengan membingkai kegagalan AHY dan keluhan kader, sedangkan jpnn.com kontra dengan isu kudeta AHY dengan mengecam Moeldoko karena dianggap melanggar pernyataannya, adapun sindonews.com netral dengan pihak berseteru karena ia menganggap isu kudeta AHY hanya berkaitan dengan Pilpres 2024 mendatang dimana dinilai menguntungkan AHY dan Moeldoko. Alhasil, framing muncul karena adanya perbedaan kepentingan media. Dengan kekuataan besar sudah selayaknya media tidak memiliki rasa keberpihakan serta objektif dalam memberitakan berita apapun. Media seharusnya menerapkan kode etik jurnalistik dan menerapkan sisi keseimbangan dalam membuat berita untuk menghindarkan adanya pembentukan opini yang tentu akan berpengaruh besar terhadap khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi berita; Analisis Framing; Kudeta AHY; Partai Demokrat;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Political Process
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Kintan Nurul Wahilda
Date Deposited: 13 May 2022 02:27
Last Modified: 13 May 2022 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50977

Actions (login required)

View Item View Item