Peran pemerintahan desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Penelitian tentang pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif di Wana Wisata Batu Kuda Manglayang Kampung Cikoneng Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung

Apriliana, Bunga (2022) Peran pemerintahan desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat: Penelitian tentang pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif di Wana Wisata Batu Kuda Manglayang Kampung Cikoneng Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari Lemahnya kesadaran masyarakat tentang kegiatan pemberdayaan berbasis ekonomi kreatif yang berdampak bagi masyarakat itu sendiri. Dengan permasalahan ini peran pemerintah desa yaitu mengakomodir potensi sumber daya sekaligus memfasilitasi masyarakat supaya dapat memanfaatkan peluang adanya Wana Wisata Batu Kuda baik dalam bentuk kesempatan kerja dan peningkatan kapasitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme program pemberdayaan masyarakat di kawasan Wisata Batu Kuda Manglayang, untuk mengetahui bentuk ekonomi kreatif yang meningkatkan pembangunan ekonomi, dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari program pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif di kawasan Wisata Batu Kuda Manglayang. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial George Caspar Homans Dimana teori pertukaran menekankan sosiologi perilaku untuk fokus pada hubungan antara pengaruh perilaku dari individu terhadap lingkungan dan pengaruh dari lingkungan pada individu tersebut. Dalam teori pertukaran sosial pada umumnya hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat di pariwisata tersebut mempunyai perilaku yang saling mempengaruhi dalam hubungan tersebut, dimana didalamnya terdapat unsur ganjaran (reward), pengorbanan (cost) dan keuntungan (profit). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif ialah menggambarkan keadaan di lapangan terkait peran pemerintahan desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan menggali informasi dari informan dengan menggunakan pedoman wawancara yang dibuat. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah melalui wawancara dengan informan. Sumber data sekunder adalah data pendukung penelitian, dapat berupa catatan dari instansi di Desa Cibiru Wetan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian peran pemerintah dalam kegiatan pemberdayaan berbasis ekonomi kreatif di Wana Wisata Batu Kuda Manglayang memberikan dampak positif dan negatif terhadap kesejahteraan masyarakat. Dari dampak positif yaitu berkembangnya pola pikir masyarakat, meningkatkan kapasitas masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, serta peningkatan pendapatan masyarakat. Namun, dalam kegiatan pemberdayaan ada dampak negatifnya yaitu adanya kesejahteraan tidak merata karena orang lain mendapatkan lebih dari mereka. Peluang dan manfaatnya hampir sama, namun yang membedakan hanyalah kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan peluang tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah; Pemberdayaan Masyarakat; Ekonomi Kreatif
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Econmics
Socialism and Related Systems
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Bunga Apriliana
Date Deposited: 13 May 2022 03:03
Last Modified: 13 May 2022 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50983

Actions (login required)

View Item View Item