Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Periode 2011-2020

Hidayati, Fazriah Nur (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat persaingan bisnis yang kian bertambah hebat untuk memenangkan pasar menyebabkan perusahaan harus terus berusaha meningkatkan kinerjanya supaya kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Kinerja dari perusahaan dapat terlihat dari jumlah laba yang didapat yang tercermin dalam rasio keuangan. Tingginya jumlah laba perusahaan akan membuat investor berminat untuk menginvestasikan dananya sehingga perusahaan harus mengelola aktiva dan modal dengan baik sehingga tujuan perusahaan untuk menarik konsumen sehingga memperoleh laba dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial, pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) secara parsial, dan pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) secara simultan pada Perusahaan Gas Negara periode 2011-2020. Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka pemikiran atau teori yang menyatakan bahwa nilai likuiditas perusahaan dan solvabilitasnya dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Tingginya Current Ratio (CR) menandakan bahwa terdapat dana yang tidak dikelola dengan baik sehingga mengurangi jumlah laba yang seharusnya diperoleh. Sedangkan tingginya Debt to Equity Ratio (DER) menandakan hanya sedikit modal pemilik perusahaan yang dapat menjadi jaminan utang sehingga menurunkan nilai Return On Equity (ROE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan Periode 2011-2020 yang telah dipublikasikan oleh PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis kuantitatif dan analisis uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics for Windows versi 28. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan sebesar 57,4% terhadap Return On Equity (ROE). Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan sebesar 74,1% terhadap Return On Equity (ROE). Sedangkan secara simultan, Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan sebesar 85,2% terhadap Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity (ROE)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fazriah Nur Hidayati
Date Deposited: 13 May 2022 02:12
Last Modified: 13 May 2022 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51051

Actions (login required)

View Item View Item