Indar, Imas Kofifa (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajar daring hubungannya dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di masa pandemi : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (517kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran harus tetap dilaksanakan melalui daring. Penggunaan gadget di masa pandemi dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis aplikasi, pasalnya siswa cenderung lebih banyak berinteraksi dengan gadget selama pembelajaran daring ini, sehingga tanggapan terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajar daring semakin tinggi. Di satu sisi, respon siswa terhadap pembelajaran PAI dengan menggunakan Google Classroom sangat baik. Namun, di sisi lain masih banyak siswa yang hasil belajar PAInya rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa kelas VIII SMPN 23 Bandung terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajardaring (2) Hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 23 Bandung pada mata pelajaran PAI (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajar daring dengan hasil belajar PAI (penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 23 Bandung). Berdasarkan pemikiran bahwa yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa salah satunya adalah terhadap penggunaan Google Classroom. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik respon siswa terhadap penggunaan Google Classroom maka akan semakin tinggi pula hasil belajar kogniifnya. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 23 orang siswa kelas VIII SMPN 23 Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan : (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajar daring (variabel X), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 3,91 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. (2) Realitas hasil belajar PAI siswa (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 2,95 yang termasuk ke dalamkategori sedang. (3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media belajar daring dengan hasil belajar PAI mereka, memperoleh angka koefisien 0,5069 yang berada dalam rentang interval 0,40 – 0,70 yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (2,825) > ttabel (2,280) yang dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil koefisien korelasi memperoleh kadar pengaruh yakni sebesar 25,69% yang artinya terdapat 74,31% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar PAI siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tanggapan siswa; Google Classroom Sebagai Media Belajar Daring; Hasil Belajar; PAI Pelajaran PAI di |
Subjects: | Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Imas Kofifa Indar |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:22 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51074 |
Actions (login required)
View Item |