Peran ekonomi pesantren dalam memberdayakan masyarakat di lingkungan pondok pesantren Minhajul Karomah desa Cikadu kecamatan Situraja kabupaten Sumedang

Hajar, Imas Siti (2021) Peran ekonomi pesantren dalam memberdayakan masyarakat di lingkungan pondok pesantren Minhajul Karomah desa Cikadu kecamatan Situraja kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini pondok pesantren bukan hanya lembaga yang fokus dalam kegiatan pendidikan saja namun pondok pesantren saat ini bisa tampil di tengah-tengah masyarakat lingkungannya yaitu sebagai lembaga yang menjalankan proses pemberdayaan masyarakat terutama dalam hal ekonomi. Misalnya pondok pesantren yang bernama Pondok Pesantren Minhajul Karomah terletak di Desa Cikadu Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang yang merupakan sebuah lembaga pendidikan berbasis islam dan mempunyai potensi di bidang kegiatan ekonomi maka pondok pesantren tersebut memberdayakan santri dan masyarakat di lingkungannya untuk ikut serta dalam kegiatan ekonomi Pondok Pesantren Minhajul Karomah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran, upaya serta dampak pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masayarakat di sekitar Pondok Pesantren Minhajul Karomah Desa Cikadu Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, karena tujuannya adalah untuk menjelaskan, menganalisa, menggambarkan, dan mengklasifikasikan tentang peran ekonomi pesantren dalam memberdayakan masyarakat di lingkungan pondok pesantren Minhajul Karomah Sumedang. Sumber data diperoleh langsung dari subjek penelitian, yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang nantinya akan dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh. Berdasarkan hasil temuan yang didapat bahwa untuk terwujudnya pemberdayaan ekonomi santri dan masyarakat sekitar di lingkungan Pondok Pesantren Minhajul Karomah maka tentunya diperlukan peran pondok pesantren yaitu adanya peran edukasi, peran teknis dan peran fasilitasi. Tentunya di dalamnya pun ada upaya yang disesuaikan dengan segala aspek bagi masyarakat maupun santri yang intinya bertujuan untuk menarik konsumen dan mencapai sebuah kesejahteraan ekonomi. Untuk dampaknya dapat dilihat bahwa Pondok Pesantren Minhajul Karomah ini mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama OPOP bidang fashion se-Jawa Barat, itu menunjukan bahwa pondok pesantren ini memang memberikan kesejahteraan ekonomi bagi santri dan masyarakat yang ada di lingkungannya. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini yaitu Pondok Pesantren Minhajul Karomah ini telah berhasil menerapkan fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan juga berhasil menerapkan fungsinya sebagai lembaga sosial ekonomi melalui kegiatan ekonomi pesantren dengan memberdayakan masyarakat di sekitar lingkungan pesantren sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan ekonomi untuk keberlangsungan hidupnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran;Ekonomi Pesantren;Pemberdayaan Ekonomi;Kesejahteraan Ekonomi
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Economic Situation and Conditions
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Imas Siti Hajar
Date Deposited: 13 May 2022 07:46
Last Modified: 13 May 2022 07:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51114

Actions (login required)

View Item View Item