Pesan dakwah dalam buku Motivasi Islami: Analisis wacana kritis pada buku Motivasi Islami Puber Beragama di Negeriku karya Chaerunnisa Aminuddin

Permana, Dimas (2022) Pesan dakwah dalam buku Motivasi Islami: Analisis wacana kritis pada buku Motivasi Islami Puber Beragama di Negeriku karya Chaerunnisa Aminuddin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah menjadi salah satu komponen yang begitu penting dikarenakan mempunyai suatu peranan yang mempunyai peranan sangat luar biasa untuk membangkitkan pemahaman umat mengenai esensi ajaran Islam itu sendiri agar tidak berpaling dari perintah Allah Swt. Tujuan penelitian pada buku motivasi islami Puber Beragama di Negeriku ini untuk mengetahui struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro pada sub bab Kepekaan, Puber, Suburnya Fanatisme, Refleksi, serta Humanity Above Religion. Dan menguraikan, mengeksplor, serta menggali lebih dalam wacana teks pesan dakwah yang terdapat pada buku motivasi islami tersebut. Landasan teori yang dipakai pada penelitian ini ialah menggunakan teori analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang memaparkan bahwasannya sebuah teks mempunyai tiga komponen struktur. Pertama, struktur makro, yakni topik atau tema pada suatu wacana. Kedua, superstruktur, ialah kerangka atau skema dari sebuah teks wacana. Ketiga, struktur mikro, yaitu pengamatan mendalam terhadap kata, kalimat, proposisi, anak kalimat, paraphrase juga gambar. Metode penelitian ini memakai paradigma interpretif, yang bertujuan untuk mengungkap serta menginterpretasikan suatu makna dalam realitas sosial yang terdapat pada sebuah teks wacana. Sementara pendekatan dalam penelitian yang dilakukan ini menggunakan model pendekatan kualitatif, dikarebakan yang menjadi sumber untuk diamati ialah dokumen berupa teks wacana, untuk mengumpulkan data serta menganalisanya. Dari hasil penelitian juga pembahasan yang telah dilakukan , terdapat tiga struktur atau komponen pesan dakwah pada buku motivasi islami Puber Beragama di Negeriku. Yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Berdasarkan dari analisis wacana kritis Teun A. Van DIjk dalam buku motivasi islami Puber Beragama di Negeriku, Chaerunnisa Aminuddin, sebagai seorang lulusan santri juga lulusan Flinders University of South Australia, MA in Sociology yang memang fokus terhadap perkembangan dakwah Islam serta perkembangan sosial masyarakat, mempunyai sebuah tujuan untuk memberikan pemahaman akan nilai-nilai keislaman yang berdasarkan melihat langsung fenomena dari sisi kemanusiaan secara langsung agar umat Islam terhindar dari sikap dan prilaku buruk serta memberikan inspirasi untuk mempelajari agama Islam dengan tidak melupakan kasih sayang antar sesama manusia yang dapat melahirkan ketaatan sejati kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Analisis Wacana Kritis
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: dimas permana
Date Deposited: 24 May 2022 01:18
Last Modified: 24 May 2022 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51360

Actions (login required)

View Item View Item