Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa: Studi Kasus di kelas XI SMAN 1 Tambun Utara Bekasi

Azhar, Ajeng Nuraliyah (2017) Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa: Studi Kasus di kelas XI SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan definisi disiplin diri bagi guru adalah taat dan patuh pada peraturan yang ada, sedangkan bagi orang tua dan siswa adalah kemampuan untuk mengatur waktu. Perilaku siswa yang mencerminkan disiplin diri dilingkungan sekolah adalah, datang kesekolah sebelum bel masuk sekolah dibunyikan, berbaris rapih saat upacara, membawa perlengkapan sekolah, mendengarkan dan memperhatikan pembelajaran dikelas, mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru, membuang sampah pada tempatnya, dan mampu menjaga diri dari kecenderungan teman atau lingkungan. Sedangkan perilaku disiplin siswa dirumah adalah melaksanakan tanggungjawab yang diberikan oleh orang tua, mampu membagi waktu tanpa diingatkan oleh orang tua, mengerjakan PR yang diberikan oleh guru sebelum diingatkan oleh orang tua, dan berssikap baik dan rukun dengan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif, karna peneliti berusaha menggambarkan subjek/objek penelitian apa adanya, permasalahan dan objek penelitian di kelas XI SMAN 1 Tambun Utara. Digambarkan secara gambling dan actual, hal tersebut dapat kita gambarkan dari status fenomena yang ada pada waktu sekarang. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa meskipun dengan keterbatasan pengetahuan agama dan terdapat beberapa hambatan, namun pembimbing berusaha untuk melakukan perannya dalam upaya menanggulangi siswa yang melanggar aturan sekolah berbasis pendekatan bimbingan kelompok dengan bekerja sama dengan guru agama dan wali kelas. Dan juga menyisipkan pendekatn agama di setiap materi yang di sampaikan oleh pembimbing dapat berhasil menanggulangi beberapa kasus dan mengurangi kasus siswa yang tidak disiplin di SMAN 1 Tambun Utara khususnya kelas XI. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa peran pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, jika menggunakan arahan yang baik dan metode yang pas, dapat menumbuhkan penanaman disiplin siswa, sehingga siswa menjadi disiplin dan mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:48
Last Modified: 09 Jan 2018 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item