Pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities terhadap Total Shareholder's Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Semen Baturaja (Persero) Tbk Periode 2012-2021

Restarani, Hesti (2022) Pengaruh Total Current Assets dan Total Current Liabilities terhadap Total Shareholder's Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Semen Baturaja (Persero) Tbk Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Total current Assets sebagai variabel X1 dan Total Current Liabilities sebagai variabel X2 terhadap Total Shareholder’s Equity pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Periode 2012-2021. Total Current Assets merupakan keseluruhan kekayaan milik perusahaan yang dapat digunakan untuk memenuhi kewajiban lancar. Pemenuhan Current liabilities melalui Current Assets yang dimiliki perusahaan akan mencerminkan likuiditas perusahaan semakin likuid perusahaan tentunya akan memberi pengaruh yang baik bagi nilai ekuitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Total Current Assets secara parsial terhadap Total Shareholder’s Equity. 2) pengaruh Total Current Liabilities secara parsial terhadap Total Shareholder’s Equity. 3) pengaruh Total Current Asset dan Total Current Liabilities secara simultan terhadap Total Shareholder’s Equity pada PT. Semen Baturaja Tbk. periode 2012-2021. Kerangka pemikiran menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Total Current Assets dan Total Current Liabilities terhadap Total Shareholder’s Equity. Apabila Total Current Asset mengalami peningkatan maka Total Shareholder’s Equity akan mengalami peningkatan pula . Sebaliknya apabila total Total Current Liabilities mengalami peningkatan maka Total Shareholder’s Equity dapat megalami penurunan. Namun Total Shareholder’s Equity juga dapat dipengaruhi oleh..faktor lain yang tidak dijadikan variabel penelitian yang diteliti. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui laporan keuangan yang telah diaudit dan dipublikasikan milik PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk periode 2012-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi (sederhana dan berganda), Korelasi (pearson product moment dan berganda), koefisien determinasi dan analisis uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan Total Current Assets tidak berpengaruh terhadap Total Shareholder’Equity dibuktikan dengan nilai thitung ≤ ttabel (0,260 ≤ 2,306). Total Current Liabilities memiliki pengaruh terhadap Total Shareholder’Equity dibuktikan dengan nilai thitung ≥ ttabel (2472 ≥ 2,306). Adapun berdasarkan hasil penelitian secara simultan Total Current Asset dan Total Current Liabilities tidak memiliki pengaruh terhadap Total Shareholder’Equity dibuktikan dengan nilai fhitung ≥ ftabel (4,392 ≥ 4,74).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Current Assets; Total Current Liabilities; Total Shareholder’Equity
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hesti Restarani
Date Deposited: 27 May 2022 01:58
Last Modified: 27 May 2022 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51400

Actions (login required)

View Item View Item