Peran Program Bimbingan Konseling Terhadap Paradigma Yang Keliru Mengenai Kecerdasan Emosional Siswa: Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandung

Filzani, Fakhrini (2017) Peran Program Bimbingan Konseling Terhadap Paradigma Yang Keliru Mengenai Kecerdasan Emosional Siswa: Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Guru mata pelajaran yang selama ini hanya mengedepankan aspek penilaian dari kecerdasan intelektual saja tanpa memandang aspek kecerdasan emosionalnya pada akhirnya dikikis oleh adanya program BK dalam merubah paradigma yang keliru tersebut, dengan mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa sehingga pihak guru mata pelajaran pun melihat bahwa program BK tersebut melahirkan generasi siswa yang cerdas dalam memahami dan mengelola emosinya, memotivasi dirinya, dapat memahami perasaan orang lain dan dapat berhubungan baik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional siswa, mengetahui mengenai paradigma yang keliru, serta mengetahui peran program bimbingan konseling terhadap paradigma yang keliru mengenai kecerdasan emosional siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat, dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan fenomenologi dan paradigma konstruktivisme dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandung. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran kelas VIII. Sampel penelitian yang dipilah melalui Teknik Sampling Purposive, dengan sumber data primernya ialah Guru BK dan Guru Mata Pelajaran serta sumber data sekundernya yaitu kegiatan literatur dalam studi pustaka. Dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi pengamatan lapangan dan dengan wawancara dengan sampel yang memenuhi kriteria. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya program BK yang mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa, pada akhirnya guru mata pelajaran sudah mengerti atau sudah memahami emosi para siswa dan perkembangannya sehingga guru mata pelajaran bersinergi dengan guru BK karena tidak ingin perkembangan emosional para siswanya tidak berkembang secara optimal. Sebab mengingat bahwa kecerdasan emosional merupakan salah satu aspek yang menentukan kesuksesan seseorang dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Bimbingan Konseling; Paradigma; Kecerdasan emosional
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:51
Last Modified: 09 Jan 2018 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item