Upaya untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anak usia 5-6 tahun melalui media papan titian : Penelitian tindakan kelas di kelompok B Ra Permata Ilmu Cikadut - Bandung

Robiah, Siti (2022) Upaya untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anak usia 5-6 tahun melalui media papan titian : Penelitian tindakan kelas di kelompok B Ra Permata Ilmu Cikadut - Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penelitian pra-siklus yang menunjukkan bahwa perkembangan keseimbangan anak di kelompok B RA Permata Ilmu rendah terbukti pada saat melakukan pemanasan sebelum pembelajaran dimulai, masih ada beberapa anak yang terjatuh pada saat pemanasan dan kegiatan fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Tingkat keseimbangan anak sebelum dilakukannya kegiatan berjalan di atas papan titian. 2) Proses penerapan kegiatan berjalan di atas papan titian dengan menggunakan media papan titian. 3) Tingkat keseimbangan anak setelah dilakukannya kegiatan berjalan di atas papan titian pada setiap siklus di Kelempok B RA Permata Ilmu Cikadut Bandung. Adapun item keseimbangan pada penelitian kali ini yaitu: dapat menirukan gerakan (burung terbang, pesawat terbang, dan pohon yang tertiup angin) serta berjalan lurus di atas papan titian, berjalan di atas papan titian tangan direntangkan, berjalan di atas papan titian dengan tangan di pinggang, berjalan di atas papan titian dengan kedua tangan disilang di dada, dan berjalan menyamping di atas papan titian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan teknik unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: 1) tingkat keseimbangan anak sebelum menggunakan media papan titian sangat rrendah yaitu dengan nilai rata-rata 39,10 dengan kategori belum berkembang. 2) Proses pelaksanaan kegiatan menggunakan media papan titian aktivitas guru pada siklus I memiliki nilai rata-rata 75% dan pada siklus II memiliki nilai 95% dengan kategori berkembang sangat baik. Sedangkan aktivitas anak pada siklus I memilliki nilai rata-rata 77,40% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 92,11% dengan kategori berkembang sangat baik. 3) Tingkat keseimbangan anak setelah dilakukannya media papan titian mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I kesimbangan anak memiliki nilai rata-rata 66,75% dengan kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II memiliki nilai rata-rata 81,67% dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan artian bahwa kegiatan berjalan di atas papan titian dapan meningkatkan tingkat keseimbangan anak di Kelompok B RA permata ilmu Cikadut Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Tubuh; Anak Usia Dini; Media Papan Titian
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Robiah
Date Deposited: 27 May 2022 01:23
Last Modified: 27 May 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51419

Actions (login required)

View Item View Item