Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar siswa

Rahayu, Indah (2022) Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan pola perilaku orang tua yang digunakan terhadap anaknya yang bertujuan untuk mendidik, membimbing, serta mendisiplinkan, melindungi anak untu menuju kedewasaan seperti halnya pada pola asuh demokratis yaitu gaya pengasuhan yang mendukung anak untuk mandiri tetapi masih menerapkan batas serta kendali pada perbuatan mereka. Dalam pola asuh demokratis komunikasi yang dipakai adalah secara dua arah (two ways communication) juga dalam komunikasinya kedudukan antara orang tua dengan anak sejajar. Orang tua adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar karena orang tua berperan penting saat mendidik anaknya. Ada kemungkinan bahwasannya semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, maka semakin baik juga pengawasan belajar anak serta tentu pola asuh yang diberikan akan semakin baik. Penelitian ini dilakukan di SDN Cikembulan II yang berlokasi di Kp. Cikembulan Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruh orang tua dalam mendidik anaknya dan juga seberapa tingkat pengaruh pola asuh demokratis orang tua dalam hasil bimbingan belajar di SDN Cikembulan II. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu Pola Asuh Demokratis merupakan pola asuh yang diantaranya memiliki ciri-ciri terdapat kesamaan antara hak serta kewajiban orang tua dengan anak, dimana anak dilatih untuk bisa mempertanggungjawabkan sikap, ucapan, serta tingkah lakunya. Hasil Belajar merupakan perubahan tingkah laku akibat belajar disebabkan karena ketercapaian penguasaan atas sejumlah bahan yang diberikan dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis regresi linier sederhana dengan desain One-Shot Case Study yang hanya terfokus untuk mengukur sebuah eksperimen yang dilaksanakan langsung tanpa melalui tes awal maupun kelompok pembanding dan juga dilakukan wawancara secara langsung dengan subjeknya yaitu orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, maka model regresi yang dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain tidak ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Maka dari itu kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Demokratis;Hasil Belajar
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Indah Rahayu
Date Deposited: 25 May 2022 02:26
Last Modified: 25 May 2022 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51510

Actions (login required)

View Item View Item