Strategi dakwah Majelis Taklim dalam membina akhlakul karimah para jamaah: Studi deskriptif pada Majelis Talim Al-Abror desa Cibaregbeg kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur

Arif, Eriana Huzein (2022) Strategi dakwah Majelis Taklim dalam membina akhlakul karimah para jamaah: Studi deskriptif pada Majelis Talim Al-Abror desa Cibaregbeg kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

Strategi dakwah adalah perencanaan yang mencakup rancangan kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan dakwah tertentu. Majelis taklim Al-Abror merupakan salah satu majelis taklim yang menerapkan strategi dakwah dalam kegiatan dakwahnya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bagaimana perencanaan, implementasi, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat majelis taklim dalam menjalankan kegiatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dakwah, implemetasi dakwah, dan faktor pendukung dan penghambat majelis taklim dalam kegiatan dakwahnya. Pemilihan teori dalam penelitian ini adalah teori strategi yang dikemukakan oleh Mintberg yang menyebutkan bahwa strategi adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan-tujuan organisasi, urutan kegiatan dan bagaimana mengimplementasikan dan memperhatikan peluang dan tantangan. Majelis taklim Al-Abror melalui program-programnya berusaha mengoptimalkan peran dan fungsinya untuk mengembangkan akhlakul karimah para jamaah, dengan penyampaian materi dan nilai-nilai akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk dapat menggambarkan dengan jelas hasil dari wawancara dan juga data yang didapatkan. Perencanaan Majelis Taklim Al-Abror dilakukan dengan menyusun program-program kegiatan Majelis Taklim. Mengimplementasikan program-program yang telah dirumuskan. Faktor pendukung seperti sarana dan prasarana majelis taklim yang memadai, cuaca dan kesibukan para jamaah menjadi faktor penghambat berjalannya kegiatan majelis taklim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Majelis Taklim; Akhlakul karimah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Eriana Huzein Arif
Date Deposited: 25 May 2022 08:11
Last Modified: 25 May 2022 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51524

Actions (login required)

View Item View Item