Bimbingan keagamaan dengan pendekatan kajian Al-Quran untuk meningkatkan religiusitas ibu-ibu Majelis Taklim : Penelitian pada kelompok pengajian rumahan di Margasari Buah Batu Bandung

Azzahra, Ayu (2022) Bimbingan keagamaan dengan pendekatan kajian Al-Quran untuk meningkatkan religiusitas ibu-ibu Majelis Taklim : Penelitian pada kelompok pengajian rumahan di Margasari Buah Batu Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang berkaitan dengan religiusitas banyak ibu-ibu majelis taklim yang rajin mengikuti kajian keagamaan tetapi hanya sebatas rutinitas saja sehingga perilakunya tidak mencerminkan pengetahuan agama yang didapatkan dari pengajian tersebut, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai peningkatan religiusitas ibu-ibu majelis taklim di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung. Menurut Aunur Rahim Faqih (2001:61), bimbingan keagamaan adalah pemberian bantuan terhadap individu agar senantiasa hidup sesuai dengan petunjuk Allah SWT untuk mencapai kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program apa saja yang digunakan dalam kegiatan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan religiusitas ibu-ibu majelis taklim di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung, untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dengan pendekatan kajian Al-Quran di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung, dan untuk mengetahui religiusitas ibu-ibu majelis taklim di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena peneliti bermaksud untuk menggali dan menuangkan hasil penelitian secara alamiah (apa adanya) dan holistik (menyeluruh). Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data mengenai kondisi objektif religiusitas ibu-ibu majelis taklim dan proses pelaksanaan bimbingan keagamaan, wawancara dilakukan untuk memperoleh data mengenai program, tahapan-tahapan pelaksanaan serta religiusitas ibu-ibu majelis taklim, kemudian dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang lebih konkrit dan relevan dengan objek penelitian serta dapat menunjang proses penelitian di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Bimbingan Keagamaan dengan Pendekatan Kajian Al-Quran di Pengajian Rumahan Margasari Buah Batu Bandung mampu meningkatkan religiusitas ibu-ibu majelis taklim, yang ditandai dengan meningkatnya keyakinan, pengamalan, wawasan, perasaan dan perilaku mereka dalam beragama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kajian Al-Quran; Religiusitas Ibu-Ibu Majelis Taklim
Subjects: God
Islam > Koran
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ayu Azzahra
Date Deposited: 26 May 2022 05:58
Last Modified: 26 May 2022 05:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51548

Actions (login required)

View Item View Item