Corak sosialisme demokratis dalam pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahun 2021 : Studi kasus Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung

Maulana, Fikri (2022) Corak sosialisme demokratis dalam pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahun 2021 : Studi kasus Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang didasari sebagai jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19 di Desa Citaman yang berdampak besar terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Pandemi Covid-19 sendiri masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 yang mengakibatkan pelemahan ekonomi dan pembatasan mobilitas masyarakat Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dan mengalami penurunan pendapatan. Penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 yang sudah diterangkan bahwa Dana Desa bisa dimanfaatkan untuk pengamanan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memanifestasikan corak sosialisme demokratis di dalam pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa serta mengetahui pemanfaatannya oleh penerimanya. Dalam penelitian ini menggunakan teori dari Franklin D. Roosevelt yang menyebutkan terdapat 10 asas-asas New Deal untuk mencapai sosialisme demokratis yakni pemerintah harus mampu: terlibat menyelesaikan masalah-masalah kestabilan di masyarakat, menangani psikis masyarakat, penyamarataan antara pertanian dengan industri, membebaskan ekspresi buruh untuk berkonsolidasi, terjaminnya ekonomi, etos kerja yang menghilangkan budaya persaingan, sadar untuk memajukan kesejahteraan bersama, masalah diselesaikan tanpa jalur revolusi dalam kerangka demokrasi, modernisasi lembaga pemerintah, peningkatan birokrasi baik legislatif, eksekutif dan yudikatif Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode ini bermaksud untuk memahami fenomena sosial yang menganalisis subjek penelitian untuk mengetahui efektivitas, efisiensi, dan penggunaan anggaran BLT Dana Desa. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Puskesos, Petugas Puskesos, dan penerima manfaat. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya corak sosialisme demokratis di dalam pelaksanaan BLT Dana Desa yang dimanfaatkan oleh masyarakat lansia selaku target penerima BLT Dana Desa yang memanfaatkan uang tersebut bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, tetapi ada juga yang digunakan untuk modal usaha. Walaupun ada masyarakat yang masih merasa uang sejumlah Rp. 300.000 diberikan setiap bulannya tersebut dirasa belum cukup memenuhi kebutuhan ekonominya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BLT Dana Desa; Cocid-19; Sosialisme
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Philosophy and Theory of Political dan Government Science
Political dan Government Science > Education of Politics
Political dan Government Science > Political Ideologies
Political dan Government Science > Political Ideologies in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Fikri Maulana
Date Deposited: 27 May 2022 03:48
Last Modified: 27 May 2022 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51589

Actions (login required)

View Item View Item