Mariam, Ratih Mustikasari (2014) Layanan Bimbingan untuk Mengembangkan Sikap Beragama Siswa: Penelitian di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) MA Ibaadurrahman, Tegallega - Lembursitu Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_caver.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (751kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
Abstract
Pada realita sekarang ini banyak para remaja kehilangan kontrol terhadap tingkah lakunya. Salah satu penyebab dari merosotnya tingkah laku para remaja saat ini adalah dikarenakan peranan agama itu sendiri tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal agama dan moral adalah merupakan salah satu pengontrol terhadap tingkah laku di dunia ini. Dengan kata lain, manusia diharapkan saling memberi bimbingan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas manusia itu sendiri agar tetap sabar dan tawakal dalam menghadapi perjalanan kehidupan yang sebenarnya. Seperti di MA. Ibaadurrahman yang memberikan layanan bimbingan untuk meningkatkan sikap beragama siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya yang diberikan layanan bimbingan untuk mengembangkan kesadaran beragama, faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan dan pencapaian pelaksanaan layanan bimbingan yang diberikan untuk sikap beragama siswa di MA. Ibaadurrahman. Penelitian ini bertitik tolak dari adanya kewajiban bagi setiap muslim untuk menggali nilai-nilai dasar dan norma-norma Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah. Keadaan ini dapat dilihat melalui sikap keberagamaan yang terdefernisasi yang baik, motivasi kehidupan beragama yang dinamis, pandangan hidup yang komprehansif, semangat pencarian dan pengabdiannya kepada Tuhan, juga melalui pelaksanaan ajaran agama yang konsisten, misalnya dalam melaksanakan shalat, puasa, dan sebagainya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskripsi analisa yaitu penelitian yang memaparkan data apa adanya dan menganalisa data. Penelitian ini ditempuh dengan langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan variabel penelitian, menentukan populasi dan sampel, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data dan akhirnya menentukan teknik pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian pelaksanaan layanan bimbingan yang diberikan untuk mengembangkan sikap beragama siswa di MA. Ibaadurrahman berada pada tarap baik dengan nilai 85,92%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan layanan bimbingan yang diberikan di MA Ibaadurrahman baik, terutama dalam mengembangkan sikap beragama siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan; Sikap Beragama Siswa |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 05:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 05:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5162 |
Actions (login required)
View Item |