Zakiyatun N, Rd Wilda (2017) Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an: Penelitian pada anak usia 7-12 tahun di Pondok Pesanren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_caver.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi atas studi pendahuluan dilapangan dengan jalan observasi secara langsung dan wawancara dari pengasuh pesantren dan pembimbing tahfidz dari keseluruhan anak tahfidz yang berjumlah 33 orang memiliki motivasi yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukan dengan ketaatan dan kehadiran anak dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Akan tetapi masih ada anak yang hafalannya kurang. Kenyataan tersebut menunjukan motivasi anak menghafal rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg. Selain itu, bertujuan pula untuk mengetahui hasil bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi menghafal al-Qur’an anak bergantung kepada media dan metode pembelajaran yang diberikan di pesantren. Jika pembimbing tidak mempunyai metode dalam pembelajaran maka pembelajaran itu akan monoton sehingga motivasi anak dalam menghafal al-Qur’an akan semakin menurun. Sedangkan proses menghafal al-Qur’an yang datar tanpa melibatkan sebuah metode, merupakan penghambat bagi pembimbing untuk membangun motivasi pada diri anak yang merupakan kunci keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an. Maka dengan adanya penggunaan metode atau media maka motivasi anak dalam menghafal al-Qur’an semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan kualitatif untuk menemukan gambaran bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan media dan metode bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hafalan ayat al-Qur’an pada anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hafalan ayat al-Qur’an pada anak usia 7-12 tahun di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah II telah mengalami peningkatan selama diterapkannya model bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 05:07 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 05:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5163 |
Actions (login required)
View Item |