Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an: Penelitian pada anak usia 7-12 tahun di Pondok Pesanren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg Kabupaten Bandung

Zakiyatun N, Rd Wilda (2017) Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an: Penelitian pada anak usia 7-12 tahun di Pondok Pesanren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas studi pendahuluan dilapangan dengan jalan observasi secara langsung dan wawancara dari pengasuh pesantren dan pembimbing tahfidz dari keseluruhan anak tahfidz yang berjumlah 33 orang memiliki motivasi yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukan dengan ketaatan dan kehadiran anak dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Akan tetapi masih ada anak yang hafalannya kurang. Kenyataan tersebut menunjukan motivasi anak menghafal rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah II Nagreg. Selain itu, bertujuan pula untuk mengetahui hasil bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi menghafal al-Qur’an anak bergantung kepada media dan metode pembelajaran yang diberikan di pesantren. Jika pembimbing tidak mempunyai metode dalam pembelajaran maka pembelajaran itu akan monoton sehingga motivasi anak dalam menghafal al-Qur’an akan semakin menurun. Sedangkan proses menghafal al-Qur’an yang datar tanpa melibatkan sebuah metode, merupakan penghambat bagi pembimbing untuk membangun motivasi pada diri anak yang merupakan kunci keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an. Maka dengan adanya penggunaan metode atau media maka motivasi anak dalam menghafal al-Qur’an semakin meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan kualitatif untuk menemukan gambaran bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan media dan metode bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi anak menghafal al-Qur’an berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hafalan ayat al-Qur’an pada anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hafalan ayat al-Qur’an pada anak usia 7-12 tahun di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah II telah mengalami peningkatan selama diterapkannya model bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 09 Jan 2018 05:07
Last Modified: 09 Jan 2018 05:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item