Etniko, Amoreyza (2022) Pandemi dan pelanggaran akademik: Peran dari integritas akademik, efikasi diri dan optimisme. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun lamanya memiliki dampak signifikan terhadap beberapa bidang kehidupan manusia, tak terkecuali dalam pendidikan. Adanya virus yang mewabah sehingga menjadi pandemi ini menyebabkan pembelajaran yang pada biasanya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (daring). Pengajar maupun mahasiswa dituntut untuk menggunakan berbagai jenis teknologi, dan oleh sebab itu: pengawasan terhadap proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara maksimal. Penelitian ini tentunya dilakukan atas dasar besarnya potensi penuruan tingkat integritas akademik sehingga disinyalir dapat mengakibatkan peningkatan pelanggran akademik pada mahasiswa/i. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh integritas akademik terhadap pelanggaran akademik dengan efikasi diri dan optimisme sebagai varibael moderator. Adapun Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati sebanyak 258 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integritas akademik memiliki pengaruh negatif yang cukup signifikan terhadap tinggi rendahnya tingkat pelanggaran akademik seseorang (sig .001; r2= 53,5%). Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa variabel efikasi diri (sig .472) dan optimisme (sig .504) tidak dapat berperan sebagai variabel moderator. Kendati tidak memiliki peran sebagai variabel moderator, variabel optimisme dapat berperan sebagai variabel independen (sig. .009; r2= 26%) sedangkan variabel efikasi diri memiiki hasil sebaliknya (sig .295).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pandemi; pelanggaran akademik; integritas akademik, efikasi diri; optimisme |
Subjects: | Psychology Psychology > Education of Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Amoreyza Etniko |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:03 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51664 |
Actions (login required)
View Item |