Haq, Aufa Amalia (2022) Pengaruh Social Comparison terhadap Expectancy for Success dengan Self-Esteem sebagai variabel moderator pada pengguna sosial media Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Postingan pada Instagram memberikan informasi yang memungkinkan individu membentuk kesan terhadap individu lainnya dengan cepat, sehingga mereka akan secara spontan dan tidak sengaja melakukan social comparison dan akan memberikan dampak terhadap expectancy for success. Pilihan individu dalam melakukan perbandingan sosial dapat dipengaruhi oleh self-esteem. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap expectancy for succes dengan self-esteem sebagai variabel moderator pada pengguna sosial media Instagram. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif regresi. Subjek penelitian berjumlah 100 mahasiswa aktif UIN Sunan Gunung Djati Bandung pengguna Instagram dengan Usia 18-25 tahun. Pengambilan data menggunakan skala social comparison 11 item α = 0.7, skala Expectancy for succes 28 item α = 0.896, dan skala self-esteem 13 item α = 0.856. Uji analisis data menggunakan uji regresi berganda serta uji MRA (Moderat Regresion Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social comparison dan self-esteem mempengaruhi expectancy for success sebesar 42,6%. Social comparison mempengaruhi expectancy for success sebesar 4,2% dan self-esteem sebagai variabel moderator berpengaruh sebesar 40,3%, dapat disimpulkan bahwa social comparison berpengaruh terhadap expectancy for success dan self-esteem sebagai variabel moderator yang dapat memperkuat pengaruh social comparison terhadap expectancy for success pengguna sosial media Instagram. Oleh karena itu pengguna sosial media Instagram untuk meningkatkan self-esteem, karena self-esteem yang tinggi dapat meningkatkan motivasi dalam mencapai expectancy for success.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Comparison; Expectancy for Success; Self-Esteem, Pengguna Sosial Media Instagram |
Subjects: | Psychology > Psychologist Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Aufa Amalia Haq |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 02:08 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51673 |
Actions (login required)
View Item |