Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Jl. H. Alpi Cijerah No. 105 Kota Bandung

Febriana, Sendy Faisal (2015) Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Jl. H. Alpi Cijerah No. 105 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Bimbingan karir merupakan upaya bantuan terhadap peserta didik agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengenal dunia kerjanya, dan mengembangkan masa depannya sesuai dengan bentuk masa depannya yang diharapkan. Dengan kata lain bimbingan karir di MA Negeri 1 Bandung membantu peserta didik mengembangkan karirnya sepanjang hayat, sukses di dunia dan selamat sampai akhirat. Dengan demikian diharapkan peserta didik agar: (1) mampu membentuk identitas karir, dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan di dalam lingkungan kerja, (2) mampu merencanakan masa depan (3) dapat membentuk pola-pola karir, yaitu kecenderungan arah karir, (4) mengenal keterampilan, kemampuan, dan minat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir terhadap perencanaan karir peserta didik MA Negri 1 Bandung. Dengan tujuan lebih spesifik untuk mengetahui: Pertama, bimbingan karir di MA Negeri 1 Bandung, Kedua, perencanaan karir peserta didik, Ketiga, pengaruh bimbingan karir terhadap perencanan karir peserta didik di MA Negeri Bandung. Bimbingan karir ini lebih ditekankan pada perencanaan karir peserta didik MA Negeri Bandung dalam menentukan langkah yang akan dilakukan dalam karir yang diinginkanya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai keinginan dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun sampel yang diambil dengan cara random, julmah populasi sebanyak 150 siswa, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% sampel yang diambil sebanyak 31. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur bimbingan karir, dan alat ukur perencanaan karir. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis dapat disimpulkan. Pertama, bimbingan karir tergolong cukup baik dengan nilai pesentase lebih dari 60%. Kedua, perencanaan karir peserta didik tergolong cukup baik dengan nilai pesentase lebih dari 70% dari setiap indikator. Ketiga, dari hasil uji hipotesis sebesar 0,000 > 0,025. Hal tersebut menunjukan Pv lebih besar dari α sehingga H0 ditolak. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara bimbingan karir terhadap perencanaan karir peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 09 Jan 2018 05:09
Last Modified: 09 Jan 2018 05:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item