Nugraha, Rian (2022) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kurikulum darurat pandemi : Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi COVID-19 yang dimulai pada akhir Desember 2019, yang berdampak terhadap sejumlah sekolah melakukan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa selama diterapkannya kurikulum darurat pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes tertulis, serta dokumentasi. Teknik analisis data ini berupa reduksi data, pemaparan data, analisis tujuan penelitian, serta menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini melibatkan kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung dengan jumlah 33 siswa, dengan instrumen berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh (a) Desain pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum darurat pandemi ini masih menggunakan kurikulum 2013 yang di sederhanakan sesuai kebutuhan siswa (b) sebanyak 25 siswa berkemampuan tinggi dan 8 siswa mempunyai kemampuan penalaran matematis sedang meskipun pembelajaran dilakukan secara online. (c) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal kemampuan penalaran matematis ini ialah soal yang tidak biasa yang menyebabkan kekeliruan pada setiap langkah yang dikerjakan. Antisipasi guru dalam mengalami kesulitan siswa dalam penyelesaian soal, berupa latihan rutin soal yang tidak biasa serta pemberian tugas soal yang berikaitan dengan kempuan penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kemampuan penalaran matematis siswa ; selama kurikulum darurat pandemi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Secondary Education > Upper Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rian Nugraha |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 01:31 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51729 |
Actions (login required)
View Item |