Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap pendapatan penyaluran dana pada PT. Bank Panin Dubai Syari’ah Tbk. Periode 2014-2020

Ramadhan, Fachri Syahri (2021) Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap pendapatan penyaluran dana pada PT. Bank Panin Dubai Syari’ah Tbk. Periode 2014-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh teori yang mengemukakan bahwa Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah Terhadap Pendapatan Penyaluran Dana. Hal tersebut di kemukakan oleh Sofyan Syafri Harahap, yaitu ketika Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah naik maka Pendapatan Penyaluran Dana juga naik, begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) berapa besar pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah terhadap Pendapatan Penyaluran Dana, (2) berapa besar pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Pendapatan Penyaluran Dana, (3) berapa besar pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah Terhadap Pendapatan Penyaluran Dana pada PT. Bank Panin Dubai Syari’ah Tbk. Periode 2014-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan Uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan Uji F. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan publikasi Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar 2,448 dan nilai ttabel sebesar 25,35, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah tidak berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Penyaluran Dana, (2) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar 6,128 dan nilai ttabel sebesar 25,35, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terdapat hubungan tidak signifikan terhadap Pendapatan Penyaluran Dana, (3) berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai Fhitung sebesar 158,849 dan untuk Ftabel sebesar 47,5. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh positif atau signifikan terhadap Pendapatan Penyaluran Dana. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 92,5%. Hal ini menunjukkan bahwa Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah memberikan kontribusi terhadap tingkat Pendapatan Penyaluran Dana sebesar 92,5% dan sisanya sebesar 7,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil Mudharabah; Bagi Hasil Musyarakah; Penyaluran Dana;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fachri Syahri
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:49
Last Modified: 09 Jun 2022 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51798

Actions (login required)

View Item View Item