Tanggapan siswa terhadap penggunaan Learning Management System (LMS) hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMAN 24 Bandung

Ramdhan, Dede (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan Learning Management System (LMS) hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMAN 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari Guru PAI bahwa penggunaan learning management system mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa. Hal tersebut ditandai dengan aktifnya siswa dalam menggunakan learning management system baik untuk mengisi presensi, membaca materi, berdiskusi hingga mengerjakan tugas. Namun di sisi lain hasil belajar kognitif sebagian siswa masih berada pada kategori rendah dan di bawah nilai KKM. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system (LMS), 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system dengan hasil belajar kognitif mereka di SMAN 24 Bandung. Tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka. Salah satu indikator tanggapan yaitu perhatian termasuk ke dalam faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tanggapan akan menimbulkan respon siswa untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI di SMAN 24 Bandung berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,80 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI berkategori baik dengan nilai rata-rata 79 yang berada pada interval 70 – 79. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan learning management system dengan hasil belajar kognitif mereka di SMAN 24 Bandung berkategori sedang dengan nilai rata-rata 0,53 yang berada pada interval 0,4-0,59. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28% dan sisanya 72% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis nilai r_hitung (0,53) > r_tabel (0,312) sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Artinya dengan a = 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Learning Management System (Variabel X) dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI (Variabel Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan siswa; Learning Management System; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Ramdhan
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:25
Last Modified: 16 Jun 2022 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51870

Actions (login required)

View Item View Item