Fauziah, Wafa (2016) Pengaruh Bimbingan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar Terhadap Psikologis Siswa: Penelitian Di SMK Muhammadiyah 1 Bandung Jln. Kancil No 1 Lengkong-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-caver.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh bimbingan membaca al-qur'an sebelum belajar terhadap psikologis siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1. Siswa SMK termasuk remaja yang menginjak masa transisi, masa transisi inilah yang biasanya menjadikan kondisi psikologis remaja tidak terkontrol dengan baik. Kondisi psikologis seseorang mempengaruhi tindakan dan prilaku sehari-hari, termasuk sikapnya di lingkungan sekolah khususnya di dalam kelas. Kondisi psikologis siswa SMK Muhammadiyah 1 yang terlihat ketika dikelas yaitu terkadang siswa dalam belajar kurang fokus atau mengalihkan perhatiannya dengan membuat gaduh kelas, mengobrol dengan teman saat belajar, dan ketenangan di kelas menjadi berkurang. Itu dikarnakan kondisi psikologis siswa ketika datang kesekolah terganggu, siswa datang kesekolah membawa pikiran dan kondisi psikologis dari rumah masing-masing. Kondisi inilah yang membuat ketenangan jiwa siswa terganggu. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kondisi psikologis siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan membaca al-qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Bandung. (2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan membaca al-qur’an sebelum belajar terhadap psikologis siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bandung. Penelitian ini bertolak dari kerangka berfikir Shertzer dan Stone (1981) bahwa bimbingan adalah pertolongan yang diberikan kepada individu yang biasanya sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan mental, sosial, intelektual, fisik, emosi, kejiwaan dan kerohanian. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bimbingan dapat membantu permasalahan psikologis individu. Guna menguji kebenaran tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan secara sistematis fakta atau fenomena yang terjadi saat penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebarkan pada 30 siswa kelas X (10) SMK Muhammadiyah 1 Bandung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kondisi psikoligis sebelum dan sesudah bimbingan terdapat perubahan yang baik pada psikologis siswa, hal ini dibuktikan dari hasil tanggapan 30 responden didapat nilai presentase rata-rata 57% angka tersebut termasuk pada kategori sedang/cukup karena berada pada interval 40-69 %. Sedangkan hasil rata-rata sebelumnya dengan total persentase 30,5% yang berada di interval rata-rata 20-39% termasuk ketegori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti bimbingan membaca al-qur’an terjadi perubahan yang positif pada kondisi psikologis siswa ketika di kelas. Kemudian dilihat dari hasil pengujian analisis regresi sederhana diketahui bahwa presentasi pengaruh bimbingan membaca al-qur’an sebelum belajar terhadap psikologis siswa sebesar 87% dan sisanya sebesar 13% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian pengaruh 87% tersebut termasuk pada kategori sangat tinggi karena berada pada interval 80-100%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Applied Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Zulfa Sofyani Putri |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 08:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 08:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5188 |
Actions (login required)
View Item |